Kronologi Lengkap Kasus Gita Savitri yang Viral di Medsos

Kronologi Lengkap Kasus Gita Savitri yang Viral di Medsos

Naviri.Org - Gita Savitri adalah salah satu seleb di media sosial, khususnya Instagram dan YouTube. Di Twitter, dia juga memiliki akun yang cukup populer. Karenanya, ketika sesuatu terjadi padanya, banyak netizen yang terpengaruh. Seperti ketika tempo hari dia terkait kasus pelecehan yang kemudian ia ungkapkan melalui media sosial.

Seperti yang kita tahu, beberapa waktu lalu Gita Savitri mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan. Youtuber sekaligus selebgram itu mendapatkan sexual harassment atau pelecehan seksual lewat DM Instagram.

Salah satu akun bernama @tristannugrahaw mengirim DM pada Gita Savitri yang berisi makian dan seruan tidak pantas lainnya.

Tidak tinggal diam, Gita Savitri pun mem-blow up akun @tristannugrahaw di Instagram story, berikut dengan foto profilnya, agar si empunya akun tersebut jera. Gita pun mencoba menyuarakan kekesalannya menjadi korban pelecehan, dan menhimbau follower-snya untuk tidak mengerdilkan isu ini.

Namun, selang berapa menit, diketahui bahwa @tristannugrahaw merupakan akun palsu dari salah satu follower-nya. Follower tersebut mengungkapkan bahwa foto yang akun tersebut pakai merupakan salah satu temannya, bernama Helmi, dan memiliki tabiat baik, yang sangat tidak mungkin melakukan pelecehan.

Saat itu juga, Gita Savitri mengklarifikasi bahwa akun @tristannugrahaw adalah palsu, dan menggunakan foto milik seseorang bernama Helmi.

Berbuntut panjang

Namun cerita tersebut belum selesai, malah berbuntut panjang. Karena ia mendapatkan ratusan DM pada hari itu, keesokan harinya Gita baru menyadari mendapatkan DM dari si pemilik foto asli, Helmi.

Helmi meminta maaf atas apa yang menimpanya, dan menjelaskan bahwa bukan dirinya yang mengirimkan DM tidak senonoh itu. Helmi pun mencoba menandai Gita dalam berbagai klarifikasi Instagram story-nya.

Hal itu Helmi lakukan karena banyak netizen kemudian memaki-makinya, setelah melihat IG story Gita Savitri tentang @tristannugrahaw. Rupanya hal tersebut membuat reputasinya memburuk.

Helmi merasa tidak dihiraukan, karena DM maupun story-nya kemarin tidak dibalas.

Gita sempat dituduh tak menghiraukan pesan masuk dari Helmi. Gita pun mengaku sangat banyak DM yang masuk sehingga tidak sanggup membukanya satu per satu.

Karena merasa sudah meminta maaf dalam IG story-nya, namun masih saja terkesan disudutkan, dan mungkin ditambah lagi dengan kasus pelecehan yang menimpanya, Gita membalasnya dengan cukup emosi. Terlebih Gita merasa kata-kata Helmi tak berujung dan bahasanya berputar-putar.

Di lain pihak, Helmi mengunggah percakapan DM-nya dengan Gita Savitri di Instagram story. Percakapan tersebut memperlihatkan balasan-balasan dari Gita yang terkesan emosi dan agak kasar. Bahkan menyebut Helmi dengan kata, “nyet”.

Sontak hal ini menjadi perbincangan netizen. Percakapan Gita dan Helmi ini pun merambah sosial media twitter. Banyak yang prihatin tapi banyak juga yang menyayangkan feedback dari Gita Savitri. Berikut ini di antaranya.

@NugrohoDwiSetyo: Mbak @gitasav no matter how big your problem is, never think that other people problem are less important. It's the matter of POV. You brought the helmi guy into this matter so you should apologize sincerely.

@ichaluisa: Gila sih kesabaran level Helmi Akbar Wangsi. I wonder if he practice mindfulness on daily basis because it seems like he is. And how he handle things with this gitasav girl, that is classy.

@IGNATIUSMN: Just bcs gitasav sent DMs to helmi by using rude words it doesnt mean that you have to hate her at all, rite? So, if you dont like her using rude words, just hate her rude words, not the person. She still has an inspiring life tho.

@ndynrlazm: I love gitasav and probably this helmi guy just wants attention, I know she's angry and maybe stressed out but i think she really doesnt have to be rude towards him, I think the problem will fixed if they just simply apologize to each other, both are wrong.

@sashthefeline: disini gue setuju sama pemikiran gita bahwa pelecehan seksual tidak boleh dibenarkan dan perempuan harus tegas. tp plis deh mas helmi jg korban, sama kaya gita. she told him that he’s insensitive pdhl dia juga sama aja. the point is, gitasav is rude.

Dari panatauan, masalah di antara keduanya sudah beres. Hanya saja netizen masih mengungkitnya.

Baca juga: Para Komika Angkat Bicara Terkait Kasus Via Vallen

Related

News 5289425246311896972

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item