Pokemon Go dan Kekhawatiran Bocornya Rahasia Negara

Pokemon Go dan Kekhawatiran Bocornya Rahasia Negara

Naviri Magazine - Ketika game Pokemon Go menjadi demam yang melanda dunia, tidak semua pihak senang menyambutnya. Sementara para gamer asyik berkeliling ke sana kemari mencari pokemon melalui game tersebut, ada pihak-pihak lain yang justru khawatir.

Seperti kita tahu, Pokemon Go berbeda dengan umumnya game lain. Pokemon Go menggunakan teknologi pemetaan yang memungkinkan pemain bisa menjalankan permainan itu di tempat tinggal masing-masing.

Teknologi pemetaan dan augmented reality (AR) yang digunakan oleh game mobile Pokemon Go itulah, yang kemudian menimbulkan kekhawatiran soal keamanan rahasia negara.

Lantaran inilah, otoritas di Iran mengambil langkah untuk melarang warganya bermain Pokemon Go. Hal tersebut diputuskan oleh High Council of Virtual Spaces, lembaga pemerintah Iran yang bertugas mengawasi aktivitas online warga.

Dengan demikian, Iran menjadi negara pertama di dunia yang resmi melarang warganya bermain Pokemon Go. Tidak dijelaskan apa persisnya isu keamanan yang menjadi alasan di balik pelarangan itu.

Pemerintah Iran dilaporkan sempat menghubungi pembuat game, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan larangan.

Kekhawatiran soal Pokemon Go yang berpotensi membocorkan informasi sensitif juga muncul di beberapa negara lain di luar Iran, termasuk di Indonesia. Kepala BIN waktu itu, Sutiyoso, menganggap game ini dapat mengancam keamanan negara.

Sementara itu, Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melarang anggota polisi bermain Pokemon Go saat sedang bertugas.

Seorang warga negara Perancis sempat diamankan anggota TNI di Cirebon, karena masuk tanpa izin ke markas militer demi mencari pokemon.

Kendati demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, telah menyatakan bahwa Pokemon Go sebenarnya tidak berbahaya. Dia telah bertemu pihak Google (yang petanya dipakai sebagai acuan dasar game tersebut) dan meminta agar tidak mencantumkan peta berisi obyek vital nasional.

Baca juga: Fakta-fakta Unik dan Mencengangkan di Balik Pokemon Go

Related

World's Fact 2750370985255895325

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item