Sejarah Ponsel Nokia dari Masa ke Masa (1)

  Sejarah Ponsel Nokia dari Masa ke Masa

Naviri Magazine - Membicarakan sejaah dan perkembangan ponsel di dunia, tidak bisa melepaskan nama Nokia. Meski saat ini Nokia bisa dibilang tidak lagi menjadi penguasa bisnis ponsel dunia, namun Nokia memiliki peran sekaligus pengaruh yang sangat penting dalam sejarah dan perkembangan ponsel.

Ada perjalanan panjang yang telah dilalui Nokia hingga pernah menjadi pemimpin pasar ponsel dunia, serta ada banyak inovasi yang mereka lakukan dalam membentuk wajah ponsel hingga seperti sekarang.

Perjalanan sejarah inovasi Nokia selama 1,5 abad—mulai dari pabrik penggilingan kertas di Finlandia sampai menjadi pemimpin industri komunikasi global—bisa di bagi menjadi 4 zaman:

1. Abad Pertama (1865-1967)

Nokia abad pertama dimulai dengan pabrik kertas yang didirikan Fredrik Idestam di tepi sungai Nokianvirta. Antara 1865 dan 1967, perusahaan ini menjadi kekuatan industri besar, tetapi butuh merger dengan perusahaan kabel dan perusahaan karet untuk mengatur Nokia Corporation baru di jalan menuju industri elektronik.

Sejarah Nokia dimulai pada tahun 1865. Saat itu Fredrik Idestam membangun sebuah pabrik pulp kayu di tepi jeram Tammerkoski, di Finlandia selatan. Beberapa tahun kemudian, ia membangun pabrik kedua di dekat sungai Nokianvirta; tempat yang memberi nama Nokia.

Siapa Fredrik Idestam?

Fredrik Idestam adalah seorang insinyur pertambangan yang membawa proses pembuatan kertas baru yang lebih murah, dari Jerman ke Finlandia. Ternyata, itu menjadi kesuksesan besar. Penemuan Idestam memenangkan medali perunggu di Paris World Exposition pada 1867, dan ia dianggap sebagai perintis industri kertas Finlandia.

1871: Idestam menamai perusahaannya "Nokia Ab".
1898: Finnish Rubber Works didirikan. Eduard Polon mendirikan Finnish Rubber Works, yang kemudian menjadi bisnis karet Nokia.
1902: Nokia Ab menambahkan pembangkit listrik untuk kegiatan usahanya.
1912: Finlnish Cable Works didirikan. Arvid Wickström memulai Finnish Cable Works, dasar dari kabel Nokia dan bisnis elektronik.
1937: Mantan atlet gulat Olimpiade, Verner Weckman, menjadi Presiden Finnish Cable Works.

Pada tahun 1937, Verner Weckman menjadi presiden salah satu pendiri perusahaan Nokia Corporation. Weckman sebelumnya telah bekerja sebagai insinyur pertambangan di Rusia pada 1909-1921.

Pengetahuan tentang bahasa Rusia dan budaya, serta sambungan industrinya, terbukti penting ketika Finnish Cable Works mulai mengekspor produk mereka ke Uni Soviet setelah Perang Dunia Kedua. Weckman juga seorang pegulat kelas ringan tingkat dunia, dan orang Finlandia pertama peraih medali emas Olimpiade.

Ia memenangkan Kejuaraan Dunia gulat pada tahun 1905. Dia memenangkan medali emas Olimpiade di gulat pada Olimpiade 1906 di Athena, dan di London pada 1908.

Finnish Cable Works menyediakan kabel ke Uni Soviet sebagai bagian dari reparasi perang Finlandia, setelah Perang Dunia II. Hal ini memberikan pijakan yang baik untuk perdagangan dari perusahaan nantinya.

1960: Cable Works mendirikan departemen elektronik pertama, menjual dan mengoperasikan komputer.

Departemen elektronik:

Finlandia Cable Works bekerja sama dengan Nokia Ab dan Finnish Rubber Works, bercabang ke elektronik pada tahun 1960-an.

Pada tahun 1962, mereka membuat perangkat elektronik berupa penganalisis getaran, yang dirancang untuk digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir.

Keterlibatan perusahaan dengan sistem telekomunikasi juga dimulai pada tahun 60an, dan pada 1963 mulai mengembangkan telepon radio untuk tentara dan layanan darurat.

Departemen elektronik mulai menjual komputer mainframe, dan menjalankan pusat komputer untuk melayani kebutuhan perusahaan TI.

Nokia kemudian membuat:

1. TV - pada tahun 1987. Nokia menjadi produsen TV terbesar ketiga di Eropa.
2. Komputer - MikroMikko menjadi merek komputer terkenal di Finlandia.
3. Transfer data peralatan
4. Radio link dan analisa
5. Pertukaran telepon digital

Nokia mungkin meninggalkan konsumen elektronik pada tahun 1990-an. Namun, keahlian telekomunikasi yang dikembangkan dari tahun 1960-an dan seterusnya menjadi inti dari kerja di masa depan.

1967: Nokia Ab, Finnish Rubber Works, dan Finnish Cable Works, secara resmi bergabung untuk menciptakan Nokia Corporation.

Saat itu, Nokia Corporation baru memiliki lima bisnis, yaitu karet, kabel, kehutanan, elektronik, dan pembangkit listrik.

Setiap bisnis memiliki direktur sendiri, yang melaporkan kepada presiden pertama Nokia Corporation, Björn Westerlund. Sebagai presiden, ia bertanggung jawab menyiapkan departemen elektronik pertama di perusahaan, menabur benih-benih masa depan Nokia di dunia telekomunikasi.

2. Berpindah ke Mobile (1968-1991)

Terbentuknya Nokia Corporation diposisikan untuk peran perintis dalam evolusi awal komunikasi bergerak. Nokia memasuki pasar telekomunikasi Eropa, dan sejak itu memimpin bisnis dengan beberapa produk ikonik.

1979: Perusahaan radio telepon Mobira Oy mulai hidup sebagai perusahaan patungan antara Nokia dan pembuat televisi terkemuka Finlandia, Salora.
1981: Nordic Mobile Telephone (NMT), jaringan ponsel internasional pertama, dibangun.

Sebuah era baru untuk ponsel dimulai tahun 1981, dengan peluncuran layanan Nordic Mobile Telephone (NMT). Awalnya mencakup beberapa negara Nordik, layanan yang pertama di dunia dengan jaringan selular internasional. Hal itu pula yang pertama memungkinkan roaming internasional, dan sinyal telepon bisa terjangkau di dalam maupun di luar Eropa.

Dengan diperkenalkannya standar NMT, industri telepon seluler mulai berkembang pesat. Nokia segera memperkenalkan telepon mobil pertama ke dunia. The Mobira 450, yang dirilis pada 1982, diikuti oleh telepon portabel pada 1986. Pada saat itu, perusahaan juga menyediakan base station dan switch untuk operator jaringan NMT.

Walaupun Nokia mengambil bisnis telekomunikasi, tetep bisnis kabel dan karet mereka masih kuat. Salah satu kesuksesan besar di awal 1970-an adalah sepatu karet yang tersedia dalam berbagai warna, dan cocok untuk segala umur.

1982: Nokia membuat saklar digital telepon pertama.
1984: Nokia meluncurkan ponsel Mobira Talkman portabel.
1987: Nokia meluncurkan Cityman Mobira, telepon genggam NMT pertama.

Ponsel pada zaman itu bentuknya besar sekaligus berat, dan biasanya terpasang permanen di mobil. Tapi pada 1987 terjadi terobosan: Nokia meluncurkan Cityman Mobira, ponsel genggam pertama untuk jaringan NMT, dan model yang kelak menjadi klasik.

Baca lanjutannya: Sejarah Ponsel Nokia dari Masa ke Masa (2)

Related

Smartphone 4211682512040548618

Recent

item