Sejarah Ponsel Nokia dari Masa ke Masa (2)

Sejarah Ponsel Nokia dari Masa ke Masa

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Sejarah Ponsel Nokia dari Masa ke Masa - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ponsel Nokia mendapat dorongan publisitas besar pada 1987, ketika pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, digambarkan menggunakan Cityman untuk membuat panggilan dari Helsinki ke Moskow. The Cityman Mobira 900 memiliki berat sekitar 800 gram, dan memiliki harga 24.000 Marks Finlandia (sekitar USD 4.560).

1991: GSM - sebuah standar mobile baru dibuka

Pada 1 Juli 1991, Perdana Menteri Finlandia, Harri Holkeri, melakukan panggilan GSM pertama di dunia, menggunakan peralatan Nokia. Itu adalah pilihan yang tepat. Sejak awal, Nokia adalah salah satu pengembang kunci teknologi GSM. Keahlian itu, ditambah deregulasi pasar telekomunikasi Eropa di tahun 1980-an dan 1990-an, menjadi titik tolak kesuksesan internasional Nokia.

Apa itu GSM?

The Global System for Mobile communications (GSM) diadopsi pada 1987 sebagai standar Eropa untuk teknologi mobile digital. Ponsel teknologi generasi kedua ini bisa membawa data serta lalu lintas suara. Panggilan suara berkualitas tinggi, roaming internasional yang mudah, dan dukungan untuk layanan baru seperti pesan teks (SMS), meletakkan dasar-dasar penting di seluruh dunia dalam menggunakan telepon seluler.

Nokia berada di garda depan pembangunan GSM, memungkinkan perusahaan itu membuat jaringan GSM pertama untuk Finlandia pada 1989. Nokia juga meluncurkan telepon GSM pertama, Nokia 1011, pada 1992. Pada akhir 1990-an, Nokia telah memasok sistem GSM untuk lebih dari 90 operator di seluruh dunia.

Nokia adalah produsen pertama yang membuat seri ponsel portable genggam untuk semua standar digital utama, termasuk TDMA, PCN, serta GSM.

3. Revolusi Mobile (1992-1999)

Pada 1992, Nokia memutuskan untuk fokus pada bisnis telekomunikasi. Ini mungkin keputusan strategis yang paling penting dalam sejarah.

Sebagai penerapan pertumbuhan standar GSM, CEO baru Nokia, Jorma Ollila, menempatkan Nokia di industri global telepon mobile, dan membuatnya menjadi pemimpin dunia.

1992: Jorma Ollila menjadi Presiden dan CEO Nokia, memfokuskan perusahaan pada telekomunikasi.

Ketika Jorma Ollila menjadi Presiden dan CEO Nokia pada 1992, perusahaan membuat keputusan penting yang strategis; fokus pada telekomunikasi, dan keluar dari bisnis lainnya.

Selama tahun 1990-an, divisi karet, kabel, dan elektronik, secara bertahap dijual, sehingga perusahaan berkonsentrasi pada komunikasi. Sejak itu, bisnis inti Nokia adalah manufaktur ponsel dan manufaktur sistem telekomunikasi. Strategi ini terbukti sukses besar, karena visi Jorma Ollila menjadikan Nokia muncul ke panggung dunia.

1992: Nokia meluncurkan GSM handset pertama, Nokia 1011.
1994: Meluncurkan Nokia 2100, ponsel pertama yang memiliki fitur The Nokia Tune.

The Nokia Tune mungkin salah satu potongan musik yang paling sering diputar di dunia. Perusahaan memperkenalkannya sebagai nada dering pada 1994, dengan seri Nokia 2100, yang kemudian menjual 20 juta ponsel di seluruh dunia. Padahal, target Nokia hanya mencapai 400.000.

Lagu ini berasal dari sebuah karya gitar klasik, yang disebut Gran Vals, disusun oleh Francisco Tarrega pada abad ke-19.

Ringtones telah muncul sejak 1994, dan ponsel baru ini menawarkan puluhan ringtone dalam berbagai format.

1994: Telepon satelit pertama di dunia. Panggilan satelit pertama di dunia dilakukan, menggunakan handset Nokia GSM.
1997: Nokia 6110 adalah ponsel pertama yang memiliki fitur Nokia Snake game.
1998: Nokia menjadi pemimpin dunia dalam industri ponsel.

Pada tahun 1998, fokus Nokia pada telekomunikasi dan investasi awal dalam teknologi GSM telah membuat perusahaan menjadi pemimpin industri ponsel di dunia. Sampai akhir 1991, lebih dari seperempat pasar ponsel dunia didominasi penjualan di Finlandia.

Tapi setelah perubahan strategis pada 1992, Nokia melihat peningkatan besar dalam penjualan di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Asia. Pada 1990-an, mereka juga melihat pertumbuhan yang tak tertandingi dalam penjualan global. Antara tahun 1996 dan 2001, pertumbuhan Nokia meningkat hampir lima kali lipat dari EUR 6,5 miliar ke EUR 31 miliar.

1999: Nokia meluncurkan handset pertama di dunia WAP, Nokia 7110.

4. Nokia Saat Ini (2000-sekarang)

2002: Nokia meluncurkan perusahaan ponsel 3G pertama, Nokia 6650.

Peluncuran teknologi ponsel 3G ("generasi ketiga") memiliki arti penting, karena sejak itu ponsel tidak akan pernah sama lagi. Dengan 3G, ponsel dapat melakukan lebih dari sekadar membuat panggilan. Dengan 3G, pengguna dapat menggunakan ponsel Anda untuk download musik, membuat panggilan video, menonton TV di perjalanan, dan menelusuri web.

2003: Nokia meluncurkan N-Gage, ponsel dengan fitur mobile gaming multiplayer.
2005: Nokia memperkenalkan generasi berikutnya dari perangkat multimedia, Nokia Nseries.

Sebuah generasi baru dari perangkat multimedia lahir pada tahun 2005, dengan peluncuran Nokia Nseries. Perangkat yang mudah digunakan menggabungkan teknologi state-of-the-art dengan desain stylish, menciptakan hiburan yang lengkap dan paket komunikasi.

2005: Satu miliar ponsel Nokia terjual di dunia. Ponsel kesemiliar yang terjual adalah Nokia 1100, yang dibeli di Nigeria. Pada waktu bersamaan, pengguna telepon seluler mencapai 2 miliar.

2006: Olli-Pekka Kallasvuo menjadi presiden dan CEO Nokia, sementara Jorma Ollila menjadi ketua dewan Nokia. Nokia dan Siemens mengumumkan rencana untuk bekerja sama, menjadi Nokia Siemens Networks.

Langkah berikutnya dalam evolusi Nokia mulai berjalan. Pada Juni 2006, Nokia dan Siemens mengumumkan rencana menggabungkan jaringan bisnis Nokia dan operasi yang berhubungan dengan Siemens menjadi sebuah perusahaan baru, yang akan disebut Nokia Siemens Networks.

Seiring penggunaan mobile yang terus tumbuh di negara-negara berkembang, Nokia terus mengembangkan perangkat mobile yang terjangkau, yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup.

Pada saat yang sama, komunikasi mobile mulai terhubung dengan komputasi, pencitraan digital dan internet, sehingga memungkinkan orang menggunakan perangkat genggam untuk syuting video, mendengarkan musik, bermain game, surfing web, dan banyak lagi.

Nokia dibangun dengan inovasi konstan. Semua teknologi ditujukan untuk meningkatkan komunikasi, dan mengeksplorasi cara-cara baru untuk bertukar informasi.

Baca juga: Kisah Nokia, dan Lahirnya Ponsel Sejuta Umat

Related

Smartphone 765436422316455577

Recent

item