10 Taman Hiburan di Asia dengan Pengunjung Terbanyak

10 Taman Hiburan di Asia dengan Pengunjung Terbanyak

Naviri.Org - Taman hiburan adalah tempat wisata yang dituju banyak orang, khususnya bersama keluarga. Berbeda dengan jenis hiburan lain, taman hiburan adalah sarana rekreasi yang bisa dinikmati bersama keluarga. Dari anak-anak sampai orang tua, semuanya suka bermain-main di taman hiburan. Kenyataannya, taman-taman hiburan juga menyediakan berbagai wahana dan permainan yang bisa dinikmati segala usia.

Ada banyak sekali taman hiburan di dunia, yang siap menyambut kedatangan siapa saja. Di Asia juga ada banyak taman hiburan yang bisa didatangi. Taman hiburan mana di Asia yang paling terkenal? Daftar yang dirilis Theme Entertainment Association (TEA) ini barangkali bisa menjadi referensi.

TEA adalah asosiasi non-profit internasional yang beranggotakan kreator, pengembang, desainer, dan produser atraksi wisata. Baru-baru ini, TEA menghimpun data pengunjung atraksi wisata dari berbagai dunia. Mereka membandingkan jumlah pengunjung pada 2016 dan 2017, lalu menghitung kenaikannya.

Salah satu laporan yang menarik adalah peringkat taman hiburan dengan pengunjung terbanyak di Asia Pasifik. Dari 10 peringkat tertinggi, empat di antaranya berada di Jepang. Sisanya terletak di China, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Peringkat tertinggi diraih oleh Disneyland Tokyo, dengan 16,6 juta pengunjung pada 2017. Naik 0,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peringkat kedua dan ketiga juga ditempati taman hiburan yang terletak di Jepang, yakni Universal Studios, Osaka, (14,9 juta pengunjung) dan Disneysea Tokyo (13,5 juta pengunjung).

Meski Jepang masih merajai taman-taman hiburan paling diminati di Asia-Pasifik, peningkatan pesat di daratan utama China perlu diwaspadai. Yang paling mencolok adalah kenaikan jumlah pengunjung di Shanghai Disney Resort, China. Dari 5,6 juta orang pada 2016, melonjak hampir 100 persen menjadi 11 juta orang pada 2017. Padahal atraksi wisata itu baru dibuka pada 16 Juni 2016 lalu.

Chimelong Ocean Kingdom di Zhuhai, China, yang menduduki peringkat kelima, juga naik cukup signifikan, yakni 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Taman hiburan itu terkenal dengan parade malam Journey of Lights.

Melihat pertumbuhan jumlah pengunjung yang signifikan, TEA bahkan memprediksi China akan menjadi pasar taman hiburan terbesar di dunia pada 2020 mendatang.

Berikut 10 taman hiburan dengan pengunjung terbanyak pada 2017, menurut data Theme Entertainment Association:

1. Disneyland Tokyo, Jepang (16,6 juta pengunjung)
2. Universal Studios Osaka, Jepang (14,9 juta pengunjung)
3. Disneysea Tokyo, Jepang (13,5 juta pengunjung)
4. Shanghai Disney Resort, China (11 juta pengunjung)
5. Chimelong Ocean Kingdom (9,8 juta pengunjung)
6. Lotte World Seoul, Korea Selatan (6,7 juta pengunjung)
7. Everland Gyeongggi-do, Korea Selatan (6,3 juta pengunjung)
8. Disneyland, Hong Kong (6,2 juta pengunjung)
9. Nagashima Spa Land, Jepang (5,9 juta pengunjung)
10. Ocean Park, Hong kong (5,8 juta pengunjung)


Related

Traveling 4845431780992504578

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item