10 Kampus Swasta yang Kualitasnya Tidak Kalah dari Kampus Negeri

10 Kampus Swasta yang Kualitasnya Tidak Kalah dari Kampus Negeri

Naviri Magazine - Setelah lulus SMU dan bermaksud melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hal penting yang diperhatikan banyak orang adalah kampus atau perguruan tinggi yang diinginkan. Pemilihan perguruan tinggi itu biasanya terkait jurusan atau fakultas yang disediakan, lokasi kampus bersangkutan, dan lain-lain.

Kebanyakan orang ingin kuliah di kampus negeri atau PTN (Perguruan Tinggi Negeri), karena menganggap PTN lebih baik daripada PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Selain itu, biaya kuliah di PTN biasanya juga lebih terjangkau daripada biaya kuliah di PTS yang rata-rata mahal. Karena itu pula, kebanyakan orang pun berusaha mendaftar ke PTN. Sayangnya, dari semua yang mendaftar, tidak semua bisa diterima.

Kalau kamu termasuk yang tak bisa masuk PTN, tak perlu berkecil hati, karena di Indonesia ada kampus-kampus swasta yang kualitasnya tak kalah dari kampus negeri. Berikut ini adalah sepuluh perguruan tinggi swasta terbaik 2018 menurut Kemenristekdikti, yang bisa kamu pilih.

1. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

UK Petra merupakan PTS terbaik yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Jurusan favorit di UK Petra antara lain Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Informatika, Sistem Informasi Bisnis, dan Desain Komunikasi Visual.

Sampai saat ini, UK Petra masih menjadi PTS terbaik nomor satu versi Kemenristekdikti.

2. Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya punya beberapa jurusan favorit, di antaranya Akuntansi, Ilmu Hukum, hingga Psikologi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati program double degree dan student exchange.

3. Universitas Sanata Dharma (USD/Sadhar)

Jika ingin kuliah Sastra Inggris, Universitas Sanata Dharma jawabannya. Prodi Sastra Inggris di Universitas Sanata Dharma sangat terkenal kualitasnya, bahkan mendapatkan peringkat 2 setelah Universitas Indonesia.

4. Universitas Katholik Parahyangan (UNPAR)

Teknik Arsitektur merupakan program studi yang cukup diminati di UNPAR. Universitas yang berlokasi di Bandung ini termasuk universitas tertua, dan jadi salah satu PTS prestisius.

5. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas yang berlokasi di Salatiga, Jawa Tengah ini memiliki jurusan favorit yang tergabung dalam FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), yaitu Manajemen dan Akuntansi. Universitas Kristen Satya Wacana juga termasuk universitas swasta tertua di Jawa Tengah.

6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Kampus UMM memiliki program studi unggulan dan favorit, yaitu Pendidikan Matematika. Selain itu, UMM juga menjalin kerja sama internasional dengan Erasmus Mundus, The Asia Foundation, hingga American Corner.

7. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII terkenal akan program studi Ilmu Hukumnya. Selain itu, UII juga terkenal akan keunggulan FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Salah satu alumni UII adalah Moh. Mahfud MD, lulusan Fakultas Hukum UII.

8. Universitas Merdeka Malang (UNMER Malang)

Universitas Merdeka Malang punya 14 program studi S1, 7 program studi Diploma, 3 program studi Magister, serta 2 program studi Doktoral. UNMER Malang termasuk dalam kampus terbaik ke-44 di Indonesia, peringkat 4 perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur, dan terbaik nomor 2 di Malang.

9. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Manajemen Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) masuk dalam 10 besar Best School of Communications and Management tahun 2013. Jurusan unggulannya antara lain Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi.

10. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Jurusan unggulan dan favorit di BINUS antara lain Teknik Industri, Sistem Komputer, Teknik Sipil, Desain Komunikasi Visual, dan Teknologi Informasi (Ilmu Komputer). Universitas BINUS berlokasi di Jakarta.

Baca juga: Negara-negara dengan Biaya Kuliah Termahal di Dunia

Related

Education 4419619239077607268
item