10 Lagu Terkenal Paling Ikonis Sepanjang Masa

10 Lagu Terkenal Paling Ikonis Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Mencari, mengumpulkan, dan menentukan lagu-lagu yang dapat dianggap ikonis, tentu bukan urusan mudah. Namun penelitian itulah yang dilakukan oleh Dr. Mick Grierson dari Goldsmiths, University of London, Inggris. Dalam penelitian itu, dia menobatkan lagu Smells Like Teen Spirit milik kelompok Nirvana sebagai lagu paling ikonis sepanjang masa.

Dr. Grierson, ilmuwan komputer yang juga musisi, melakukan analisis terhadap 50 lagu yang telah disusun oleh timnya. Daftar lagu tersebut diambil dari "Lagu-lagu Terbaik Sepanjang Masa" yang telah dikeluarkan oleh berbagai media musik ternama semisal Rolling Stone, NME, VH1, dan MTV.

Setelah semua daftar materi terkumpul, mulailah dia melakukan penelitian menggunakan sejumlah parameter seperti akor, ketukan per menit alias tempo lagu, isi lirik, dan variasi bunyi, untuk menganalisis bagaimana para musisi membuat lagu mereka terdengar dinamis dan selalu diingat.

"Kami melakukan berbagai tahapan tersebut, dan membandingkannya untuk melihat apa persamaan dan perbedaan antar satu lagu dengan yang lainnya," ungkap Grierson, dilansir E! Online, yang melakukan penelitian ini.

Ditambahkan Dr. Grierson, meski tidak ada formula khusus yang dipakai para musisi untuk membuat lagu jadi ikonis, sekitar 80 persen lagu-lagu yang ditelitinya bermain pada tangga nada mayor, dengan proporsi selalu bermain pada kunci A, E, C, atau G. Temuan lainnya adalah tempo rata-rata lagu tersebut adalah 125 Beats Per Minute (BPM).

Daftar lagu paling ikonis sepanjang masa lainnya di bawah Smells Like Teen Spirit adalah:

Imagine (John Lennon)
One (U2)
Billie Jean (Michael Jackson)
Bohemian Rhapsody (Queen)
Hey Jude (The Beatles)
Like A Rolling Stone (Bob Dylan)
I Can't Get No Satisfaction (Rolling Stones)
God Save The Queen (Sex Pistols)
Sweet Child O'Mine (Guns N' Roses)

Baca juga: Musisi Legendaris yang Ternyata Tidak Bisa Membaca Notasi Musik

Related

Music 6515383309648183732

Recent

item