10 Novel Serial Fantasi Remaja Paling Populer di Dunia

10 Novel Serial Fantasi Remaja Paling Populer di Dunia

Naviri Magazine - Kebangkitan genre novel fantasi, khususnya untuk pembaca remaja, bisa dibilang dipicu dari hebohnya serial Harry Potter yang laris di dunia. Novel Harry Potter, yang memiliki tujuh seri, menjadi bacaan banyak orang di berbagai negara. Uniknya, meski tokoh dalam novel itu adalah remaja, namun pembacanya merentang dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Setelah hebohnya serial fantasi Harry Potter, novel-novel serial serupa bermunculan, dengan berbagai kisah yang tak kalah menarik. Jika Harry Potter mengisahkan dunia sihir, novel-novel lain ada yang mengisahkan dunia vampir, dunia para dewa Yunani, dan lain-lain.

Selain serial Harry Potter, berikut ini adalah sepuluh novel serial fantasi remaja paling populer di dunia.

Percy Jackson and The Olympians

Novel karya Rick Riordan ini bercerita tentang Dewa Dewi Yunani. Tokoh utamanya Percy Jackson, yang merupakan anak bermasalah di sekolah, dan menderita disleksia.  Ibunya membawa Jackson ke sebuah perkemahan musim panas yang disebut Perkemahan Blasteran.

Percy Jackson lalu mengetahui fakta bahwa dirinya adalah Demigod, setengah dewa, putra Dewa Laut, Poseidon. Di perkemahan itu, ia bertemu anak-anak yang bernasib sama dengannya.

Seri Percy Jackson and The Olympians:
1. The Lightning Thief
2. The Sea of Monsters
3. The Titan's Curse
4. The Battle of the Labyrinth
5. The Last Olympian

Lorien Legacies

Novel karya Pittacus Lore ini sudah pernah difilmkan dengan judul sama dengan seri novel pertamanya, yaitu I'am Number Four. Dikisahkan, sembilan anak dilarikan ke Bumi dari Planet Lorien yang hancur karena diserang. Sembilan anak itu dilindungi dengan mantra, yang membuat mereka harus hidup terpisah dan tidak bisa dibunuh oleh kaum Mogadorian yang kejam, kecuali sesuai urutan.

Mereka membunuh Nomor Satu di Malaysia. Nomor Dua di Inggris. Nomor Tiga di Kenya. Tinggal enam anak yang masih hidup, di suatu tempat. Dan John Smith adalah Nomor Empat.

Seri Lorien Legacies:
1. I Am Number Four
2. The Power of Six
3. The Rise of Nine
4. The Fall of Five
5. The Revenge of Seven
6. The Fate of Ten

Vampire Academy

Akademi St. Vladimir adalah tempat para vampir Moroi dididik dengan ilmu sihir. Sementara para Dhampir, setengah manusia setengah vampir, dilatih untuk melindungi mereka. Rose Hathaway adalah dhampir yang bertugas melindungi sahabatnya, Lissa Dragomir, putri kaum Moroi dari keluarga bangsawan Dragomir, dari incaran vampir jahat, Strigoi.

Selama dua tahun, Rose dan Lissa melarikan diri, namun akhirnya diseret kembali ke Akademi dengan bantuan seorang pengawal baru Lissa, Dimitri Belikov yang tampan nan berbahaya.

Seri Vampire Academy:
1. Vampire Academy
2. Frostbite
3. Shadow Kiss
4. Blood Promise
5. Spirit Round
6. Last Scarifice

The Heroes Of Olympus

The Heroes Of Olympus adalah sekuel Percy Jackson karya Rick Riordan. Jadi, kalau mau baca novel ini, kamu harus selesai terlebih dulu dengan seri Percy Jackson. Karena cerita di dalamnya sangat berhubungan. Bercerita tentang ramalan kedua sang Oracle.

Ber-setting waktu dua musim setelah Perang Titan Kedua dan jatuhnya Kronos. Dimulai dengan bangunnya seorang cowok bernama Jason di bus wisata sekolah, dengan seorang cewek bernama Piper yang mengatakan bahwa ia adalah pacar Jason, dan seorang cowok bernama Leo yang menyatakan sebagai sahabat Jason. Sekilas tidak kelihatan aneh.

Masalahnya, Jason tidak mengenal mereka. Ia bahkan tidak tahu siapa dirinya, dan mengapa bisa sampai di situ. Semua orang seakan mengenalnya, kecuali pimpinan rombongan, Pelatih Hedge, yang melihat Jason seperti melihat hantu. Pembukaan cerita yang menarik.

Seri The Heroes Of Olympus:
1. The Lost Hero
2. The Son Of Neptune
3. The Mark Of Athena
4. The House Of Hades
5. Blood Of Olympus

Twilight Saga

Kalau kamu penggemar film Twilight, kamu juga perlu membaca novelnya. Film Twilight diangkat dari novel karya Stephenie Meyer. Mengisahkan seorang perempuan yang jatuh cinta pada seorang pria tampan, yang belakangan diketahui ternyata sesosok vampir.

Seri Twilight Saga:
1. Twilight
2. New Moon
3. Eclipse
4. Breaking Dawn

The Vampire Diaries

The Vampire Diaries karya L.J. Smith bercerita tentang Elena Gilbert, gadis populer di sekolah. Kemudian datang Stefan Salvatore ke Desa Fell’s Church, bersekolah di sekolahnya, dengan membawa sejuta misteri dan pesona, membuat sang ratu sekolah penasaran dan menginginkannya.

Namun ternyata Elena bertepuk sebelah tangan, Stefan tidak pernah menghiraukannya, dan sengaja meremehkannya di depan teman-teman Elena. Elena merasa harga dirinya diinjak-injak akibat penolakan Stefan.

Bersama kedua sahabatnya, Bonnie dan Meredith, Elena melakukan apa saja untuk mendapatkan hati Stefan, sampai berbuat konyol saking merasa putus asa. Mereka akhirnya masuk ke masa lalu Stefan yang kelam dan menyakitkan, yang berhubungan dengan kakak Stefan, Damon Salvatore.

Seri The Vampire Diaries:
1. The Awakening
2. The Struggle
3. The Fury
4. Dark Reunion

Immortal

Ever Bloom adalah gadis berusia 16 tahun, yang awalnya memiliki kehidupan sempurna. Namun, semua berubah sejak kecelakaan yang merenggut nyawa kedua orang tuanya, adik perempuannya, Relay, dan anjing kesayangannya, Buttercup. Kecelakaan yang juga hampir merenggut nyawanya, jika seorang pria asing tidak menemukannya.

Hingga tiba-tiba, dia terbangun di rumah sakit. Kini dia harus tinggal dengan Sabine, satu-satunya keluarga yang dimiliki ayahnya. Dia juga pindah ke SMA baru, dan dikucilkan di sana dengan kedua sahabat barunya juga.

Suatu hari, seseorang bernama Damen Auguste yang hampir sempurna pindah ke SMA tersebut, yang ternyata adalah seorang Immortal.

Seri Immortal:
1. Evermore
2. Bluemoon
3. Shadow Land
4. Dark Flame
5. Night Star
6. Everlasting

Trilogi The Maze Runner

Bercerita tentang Thomas, yang suatu hari terbangun dalam sebuah lift yang bergerak ke atas. Thomas sampai di sebuah tempat bernama Glade, dan bertemu anak-anak yang kurang lebih seusianya, yang juga mengalami hilang ingatan seperti Thomas.

Di luar Glade, ada Maze yang selalu berubah bentuk setiap hari, maze yang juga dihuni para Griever yang mematikan. Namun, melalui maze itulah jalan keluar mereka satu-satunya dari tempat itu.

Seri Trilogi The Maze Runner:
1. The Maze Runner
2. The Scorch Trials
3. The Death Cure

Kane Chronicles

Kane Chronicles karya Rick Riordan ini berkisah tentang mitologi Mesir. Tokoh utamanya adalah Sadie dan Carter, dua bersaudara yang tumbuh terpisah. Mereka harus menyelamatkan ayah mereka yang dikurung di dalam sakrofagus emas. Sudut pandang dalam novel berubah-ubah antata Sadie dan Carter. Jadi pembaca bisa mengetahui pikiran mereka masing masing.

Seri Kane Chronicles:
1. The Red Pyramid
2. The Throne Of Fire
3. The Serpent Shadow                             

Trials Of Apollo

Masih dari pengarang yang sama, Rick Riordan, Trials Of Apollo bercerita tentang Apollo, sang dewa, yang jatuh ke bumi dan terpaksa menerima nasib untuk hidup sebagai manusia, bernama Lester Papadopoulus. Seluruh kekuatannya hilang. Ia lalu bertemu gadis cilik bernama Meg McCaffrey, hingga akhirnya mereka saling terikat.

Apollo pun datang ke Camp Half Blood, dan berharap seseorang dapat mengembalikan dirinya menjadi dewa. Tapi tak diduga, ternyata beberapa kejadian menimpa Camp Half Blood. Sang Oracle tak lagi mengeluarkan Ramalan, masa depan pun terancam. Tak hanya itu, satu per satu demigod menghilang.

Seri Trials Of Apollo:
1. The Hidden Of Oracle
2. The Dark Prophecy
3. The Burning Maze

Baca juga: 10 Novel Bagus yang Mengandung Misteri dan Teori Konspirasi

Related

Books 1067780579549660982

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item