5 Pencipta Media Sosial Paling Populer di Dunia

5 Pencipta Media Sosial Paling Populer di Dunia

Naviri Magazine - Di masa lalu, berinteraksi sosial membutuhkan pertemuan langsung, apalagi jika melibatkan banyak orang. Namun, dengan perkembangan teknologi, interaksi sosial bisa dijembatani melalui sarana bernama media sosial. Kini, orang tidak perlu lagi harus ketemu untuk bercakap-cakap, karena bisa menggunakan sarana yang tersedia di internet atau ponsel.

WhatsApp, Instagram, dan Facebook, merupakan media sosial yang sangat banyak penggunanya saat ini, dan termasuk aplikasi yang sangat digandrungi banyak pengguna internet. Begitu pula dengan Line dan Twitter. Berikut ini adalah tokoh-tokoh yang mendirikan media sosial tersebut.

Jan Koum - WhatsApp 

WhatsApp sudah menjadi semacam aplikasi yang wajib terinstal di paltform Android atau IOS, sebagai alat utama dalam komunikasi sehari-hari. Hal ini, secara tak langsung, menggantikan cara yang lama seperti SMS.

Pencipta WhatsApp adalah Jan Koum. Pria kelahiran California, 24 Februari 1976 itu sebelumnya pernah bekerja di Google pada bagian teknisi infrastruktur. Saat itu, dia bertemu Brian Acton, yang belakangan menjadi partnernya dalam membuat dan mengembangkan aplikasi yang saat ini menjadi aplikasi populer.

Dua tokoh itu pula yang menyematkan nama WhatsApp pada aplikasi jejaring sosial yang mereka ciptakan.

Kevin Systrom - Instagram 

Aplikasi yang fokus pada pengunggahan foto dan video ini diciptakan oleh Kevin Systrom, mantan manager pemasaran Odeo (sekarang jadi Twitter dan Google).

Pada waktu masih menjabat sebagai pekerja di perusahaan Odeo, Kevin Systrom sudah piawai menyumbangkan ide-idenya dalam bentuk pemogramaan. Sampai akhirnya ia menciptakan Instagram, yang saat ini menjadi media sosial terkenal.

Mark Zuckerberg - Facebook

Sudah menjadi pengetahuan banyak orang, kalau Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg.

Sebelum Facebook mendunia seperti sekarang, awal mulanya Mark Zuckerberg membuat jaringan itu hanya untuk memudahkan berkomunikasi dengan teman kelasnya. Ternyata, setelah sistem ini digunakan, makin banyak orang yang tergabung di dalamnya. Makin lama, sistem ini pun makin banyak digunakan oleh mahasiswa, bahkan antar universitas. Saat menciptakan Facebook, Mark Zuckerberg masih tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Havard.

Lee Hae-Jin - Line 

Line juga merupakan aplikasi yang populer dan banyak penggunannya. Aplikasi ini dikembangkan pada tahun 2011 oleh Line Corporation, bersama penemu dari Korea dan Amerika. Aplikasi ini pertama kali diciptakan oleh Lee Hae-Jin, yang kala itu berprofesi sebagai karyawan NHN Jepang, yang merupakan mesin pencari populer asal Korea, Naver.

Jack Dorsey - Twitter 

Di awal kemunculannya, Twitter kurang banyak digunakan oleh netizen dalam bersosial media. Namun, belakangan, jejaring sosial ini mulai menarik minat banyak kalangan, dan menjadi media sosial yang populer.

Twitter diciptakan oleh Jack Dorsey. Pria kelahiran 19 November ini tidak hanya dikenal sebagai pencipta Twitter, namun juga sebagai pengembang web dan pengusaha Amerika Serikat, yang salah satunya sebagai pendiri dan CEO Square (layanan pembayaran pada seluler).

Dengan mengingat pentingnya penggunaan aplikasi yang mereka ciptakan terhadap rutinitas di kehidupan kita sehari-hari, rasanya layak untuk memberikan ungkapan terima kasih kepada para penemu. Sadar atau tidak, aplikasi jejaring sosial yang mereka temukan sudah banyak berkontribusi dalam kehidupan kita, baik sebagai pengguna, pedagang online, kampanye politik, dan lain-lain.

Baca juga: Sosmed Zaman Dulu, dari MySpace Sampai Koprol

Related

Internet 6147408416933719201

Recent

item