8 Hewan Kecil Berbahaya yang Sebaiknya Jangan Didekati

8 Hewan Kecil Berbahaya yang Sebaiknya Jangan Didekati

Naviri Magazine - Tingkat bahaya hewan tidak bisa ditentukan dari ukuran tubuhnya. Karena nyatanya ada hewan-hewan besar yang bisa dibilang tidak berbahaya, begitu pun banyak hewan kecil tapi justru sangat berbahaya dan mematikan. Karenanya, saat berada di alam terbuka, jangan meremehkan hewan-hewan kecil jika memang tidak mengenali, apalagi sampai mendekatinya.

Delapan hewan berikut ini hidup di alam liar, dan bisa jadi kita temui saat sedang berpetualang di alam. Hewan-hewan berikut ini berukuran kecil, tampak tidak berbahaya, bahkan sebagian kelihatan lucu. Tapi sebaiknya jangan mendekati, karena mereka hewan-hewan yang sangat berbahaya.

1. Black corsair

Black corsair merupakan jenis kumbang yang berbahaya. Hewan ini juga sering disebut kumbang pembunuh. Sepertinya julukan itu sesuai untuk kumbang berwarna hitam ini, karena memang menyeramkan.

Jika sampai gigitannya mengenai manusia, racun yang ada akan membuat kulit mengalami iritasi. Bahkan, kumbang ini merupakan kumbang yang memiliki gigitan paling menyakitkan.

2. Killer bristle worm

Binatang lunak, killer bristle worm, senantiasa berada di perairan dangkal dan berpasir untuk mengincar mangsa. Setelah ia mengunci gerakan mangsanya, ia akan mencabik-cabik mangsa hingga beberapa bagian, sebelum memakannya.

Dengan tenaganya yang besar, rahang yang kuat, dan duri beracun yang tumbuh di punggung, killer bristle worm merupakan ancama serius bagi manusia.

3. Wheel bug

Wheel bug merupakan hewan jenis kumbang dengan tampilan sangat menyeramkan. Jangan sembarangan menangkap atau memainkan kumbang ini, sebab ia memiliki gigitan yang berbahaya jika terkena manusia. Digitan kubang ini beracun, dan perlu waktu lama untuk menyebuhkan luka akibat gigitannya.

4. Southern flannel moth

Southern flannel moth merupakan jenis ngangat kecil yang biasa menempel di dedaunan. Bentunya tampak unik dan lucu, karena memiliki bulu-bulu yang mirip kucing persia. Namun, di balik kelucuannya, ternyata hewan kecil ini memiliki racun yang sangat berbahaya, yang bisa mengganggu jalur pernapasan manusia.

5. Giant water bug

Kumbang air raksasa, atau giant water bug, merupakan salah satu serangga yang hidup di wilayah perairan. Jenis kumbang air ini terbagi dua. Pertama, jenis aphid yang merupakan kumbang yang hidup dengan cara memakan tanaman air. Kedua, kumbang air karnivora, dikenal dengan sebutan masquitos, karena memakan cairan dari hewan mangsanya.

Bahkan kumbang air karnivora yang tumbuh lebih dari 4 inchi mampu memangsa anak kura-kura dan ular kecil. Biasanya, ia akan menyerang manusia yang berenang di perairan yang ada di wilayahnya. Gigitan kumbang ini sangat menyakitkan. Tak heran jika berada di tingkat keempat sebagai serangga dengan gigitan terkuat. Rasa sakitnya tidak seberapa, namun gigitannya bisa menyebabkan luka permanen.

6. Tomcat's

Hewan kecil yang mirip semut merah tapi bersayap ini, menjadi bahan pembicaraan setelah ditemukan warga Jawa Timur, dan masuk berita di televisi. Hati-hati, jika berurusan dengan binatang kecil ini.

Tomcat's dapat berakibat serius bagi manusia yang terkena gigitannya. Kulit akan melepuh seperti terbakar, dan bengkak-bengkak menjalar di daerah sekitar gigitan.

7. Tarantula hawk

Tarantula hawk, alias laba-laba predator, terkenal sangat agresif dan aktif mencari makanan untuk calon anak-anaknya. Hati-hati jika berhadapan dengan binatang ini, terutama saat mereka sedang melindungi anak-anaknya.

Mereka ganas sekali. Gigitannya sangat berbahaya, dan menimbulkan luka bengkak yang serius.

8. Anopheles

Kecil mungil, terlihat tidak berbahaya, tetapi jangan meremehkan nyamuk yang satu ini, karena ia makhluk kecil yang berbahaya di dunia. Anopheles telah menyebabkan 300 juta kasus malaria terjadi setiap tahun, yang menyebabkan satu hingga dua juta manusia meninggal.

Baca juga: Induk Gajah "Berterima Kasih" Setelah Anaknya Diselamatkan

Related

Science 6403380741144498681

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item