Di Masa Mendatang, Sistem Android Bisa Tidak Gratis Lagi

Di Masa Mendatang, Sistem Android Bisa Tidak Gratis Lagi

Naviri Magazine - Android sudah menjadi sistem operasi ponsel yang digunakan di mana-mana. Hampir semua ponsel yang saat ini beredar di dunia menggunakan platform Android. Platform Android dimiliki oleh Google, dan pihak Google membebaskan siapa pun untuk menggunakan Android miliknya, secara gratis. Karena itulah, ponsel merek apa pun bisa menggunakan Android secara bebas.

Namun, di masa mendatang, bisa jadi Android tidak akan bisa gratis lagi. Pasalnya, Google “merasa gerah” akibat terkena denda sangat besar terkait sistem platform-nya.

Komisi Eropa menjatuhkan denda sekitar lima miliar dollar AS atau sekitar Rp 72,3 trilun ke Google, setelah dianggap terbukti bersalah melanggar undang-undang anti-pakat Uni Eropa.

Google disebut melakukan monopoli platform Android dalam model bisnisnya. Sepertinya, penalti tersebut membawa kabar kurang menyenangkan bagi pengguna Android.

Dalam postingan blog resmi Google, yang ditulis oleh CEO Google, Sundar Pichai, secara implisit mengancam jika platfom Android bisa jadi tidak gratis seperti saat ini.

"Selama ini, model bisnis Android tidak membanderol biaya bagi produsen ponsel yang menggunakan teknologi kami, tidak juga bergantung pada model distribusi yang dikontrol ketat," tulis Pichai.

"Tapi kami khawatir jika keputusan saat ini (didenda Komisi Eropa) akan mengganggu keseimbangan yang kami berlakukan di Android, dan akan menjadi pertanda buruk untuk mendukung kepemilikan sistem platform terbuka," jelas Pichai.

Secara halus, Pichai menyinggung "keseimbangan" yang merujuk ke model bisnis Android yang terbuka dan gratis. Hal tersebut seakan "mewant-wanti" para produsen ponsel dan pengguna Android soal perubahan model bisnis Android ke depannya.

Salah satu dakwaan yang dijatuhkan Komisi Eropa ke Google adalah skema bundling aplikasi pencarian Google dan peramban Chrome milik Google, sebagai pre-instal app di ponsel Android.

Dalam model bisnisnya, aplikasi tersebut terpaket dengan Android yang disebut "bebas biaya".

Tanpa menyebut langsung soal itu, Pichai membeberkan fakta jika pengguna Android biasanya akan menginstal sendiri sekitar 50 aplikasi dan menghapus aplikasi pre-instal. Ia menegaskan jika Google tidak diperbolehkan mem-bundling aplikasi besutannya, maka akan mengacaukan ekosistem Android.

"Jika produsen ponsel dan operator jaringan mobile tidak menyertakan aplikasi kami di perangkat mereka, maka akan mengganggu ekosistem Android," jelas Pichai sebagaimana dikutip dari The Verge.

Komisi Eropa menuntut Google mengubah skema bisnisnya, terutama soal aplikasi bundling. Namun, tidak pula memberikan solusi bagaimana model bisnis seharusnya yang disarankan.

Jika vendor smartphone atau operator jaringan bisa memasang aplikasi pencarian mereka sendiri ketimbang milik Google, maka pendapatan iklan Google jelas akan terpangkas drastis.

Sebab, mesin pencarian Google masih menjadi sektor utama pendapatan Google. Dilaporkan The Street, pendapatan dari iklan di pencarian mobile tumbuh 26 persen pada kuartal pertama 2018, menghasilkan 22 miliar dollar AS (sekitar Rp 318 triliun).

Baca juga: Google Didenda Rp72 Triliun karena Memonopoli Android

Related

News 3585486484413599870

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item