Asal Usul Traveloka, Situs Perjalanan Terkemuka Indonesia

Asal Usul Traveloka, Situs Perjalanan Terkemuka Indonesia

Naviri Magazine - Traveloka sudah terkenal bagi para pengguna internet, khususnya yang biasa traveling. Pasalnya, melalui Traveloka, orang bisa mudah memesan tiket pesawat atau booking kamar hotel. Kini, Traveloka bahkan telah menjadi situs perjalanan terkemuka di Indonesia.

Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi. Saat ini, dia baru berusia 30 tahun. Namun, berkat kesuksesan Traveloka, Ferry Unardi masuk dalam jajaran orang terkaya Indonesia, versi Asia Globe. Kekayaannya ditaksir mencapai US$ 145 juta, di atas tiga pengusaha rintisan lainnya, bos Tokopedia, Bukalapak, dan Gojek.

Ferry Unardi sudah memulai bisnis saat baru berusia 23 tahun. Pria kelahiran Padang, 16 Januari 1988 ini mengenyam pendidikan S1 di Purdue University, Amerika Serikat, jurusan Computer Science and Engineering. Ferry mendirikan situs Traveloka bersama dua rekannya yang pernah satu kantor di Microsoft.

"Selama di Amerika, terbang ke Indonesia sudah jadi bagian saya. Oleh karena itu saya sering bersinggungan dengan urusan tiket pesawat," ujarnya.

Sayangnya, saat itu Ferry sering mengalami kesulitan dalam mencari tiket pesawat yang sesuai keinginannya. Begitu pula pencarian melalui website penyedia tiket pesawat.

"Sampai terjadi deal itu susah banget, entah karena websitenya yang tiba-tiba error, atau tidak ada follow up lebih lanjut dari agennya," kata Ferry.

Ia melihat hal itu sebagai peluang. Pada Maret 2012, Ferry mulai menggarap bisnis itu bersama teman-temannya. Traveloka pun resmi diluncurkan pada Oktober 2012.

Saat ini, Traveloka adalah salah satu perusahaan rintisan di Indonesia yang termasuk kategori Unicorn. Total valuasi pendanaan Traveloka per Januari 2018 mencapai US$ 2 miliar, dengan bertambahnya pendanaan dari perusahaan serupa Amerika Serikat, yaitu Expedia. Total investasi yang dikucurkan Expedia kepada Traveloka mencapai U$S 350 juta.

Baca juga: Perjalanan Bos Gojek Menjadi Orang Kaya-raya di Indonesia

Related

Business 6826001687957794181

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item