Peristiwa Aneh, Bayi Kembar tapi Beda Warna Kulit

 Peristiwa Aneh, Bayi Kembar tapi Beda Warna Kulit

Naviri Magazine - Bayi kembar, apalagi kembar identik, umumnya memiliki ciri serupa, khususnya pada kulit mereka. Bayi kembar yang dilahirkan ibu berkulit putih, misalnya, umumnya akan sama-sama memiliki kulit putih. Namun sebuah peristiwa aneh terjadi di Inggris. Seorang wanita melahirkan bayi kembar, namun kulit dua bayi tersebut berbeda. Yang satu hitam, yang satu putih.

Amelia dan Jasmine, nama bayi kembar tersebut, dianggap si kembar pertama di Inggris dengan warna kulit yang berbeda, meskipun berasal dari rahim yang sama.

Kembar tersebut berusia satu tahun. Sebelum mereka lahir, ibu si kembar ini, Libby Appleby, diberitahu dokter bahwa bayinya akan terlihat sangat mirip dan perlu menandai mereka dengan tinta.

Namun, ketika mereka dilahirkan di Rumah Sakit Durham University, petugas medis 'tersentak'. Karena saudara kembar itu memiliki kulit dan warna mata yang berbeda.

"Ketika mereka lahir, kami terperangah, bahkan dokter tidak bisa percaya," kata petugas medis di Rumah Sakit Durham University, seperti dilansir Metro.co.uk.

Libby Appleby, sang ibu, mengatakan, "Mereka terlihat seperti mereka ras yang berbeda. Amelia adalah mirip sekali ayahnya, sementara Jasmine adalah versi mini dari saya."

Libby dan pasangannya, insinyur listrik Tafadzwa Madzimbamuto, 40, menemukan apa yang mereka harapkan sejak Juni 2014.

Si kembar monozigot, yang berarti mereka terbentuk pada embrio yang sama, namun dikembangkan di kantung terpisah. Namun sampel plasenta mengonfirmasi bayi merupakan 100 persen identik secara genetik.

Dr Claire Steves, dari King College London, mengatakan beberapa gen mengendalikan warna kulit dan warna mata. Jadi, jika kembar, cenderung untuk berbagi sifat-sifat ini, namun tidak pasti bagi mereka.

Dia menambahkan bahwa Amelia dan Jasmine bisa terlihat berbeda, karena ada perubahan dalam cara masing-masing dikembangkan dalam rahim.

"Pengecualian mungkin ketika perubahan dalam salah satu dari ini terjadi saat si kembar terpisah dalam pembentukan awal, atau yang disebut somatik mutasi," tambah Steves.

Baca juga: Bayi Kembar tapi Beda Hari dan Beda Zodiak

Related

World's Fact 3563301216899497959
item