Cara Mudah Mengecek Kondisi Hardisk di Komputer Windows

Cara Mudah Mengecek Kondisi Hardisk di Komputer Windows

Naviri Magazine - Peranti penting yang ada di setiap komputer adalah hardisk, karena fungsinya adalah sebagai penyimpan file dan data yang kita kerjakan di komputer. Tanpa hardisk, semua yang kita kerjakan di komputer akan hilang dan tidak tersimpan, ketika komputer dimatikan.

Di komputer memang ada peranti penyimpan lain selain hardisk, yaitu RAM. Namun, RAM hanya bisa menyimpan sementara. Karenanya, data-data yang tersimpan di RAM akan terhapus otomatis ketika komputer kita matikan atau restart. Karenanya, hardisk memungkinkan file atau data yang kita kerjakan di komputer dapat tersimpan, dan bisa dilihat kembali di waktu lain.

Karena pentingnya fungsi hardisk, kita perlu rutin mengecek kondisi hardisk di komputer, agar selalu dalam kondisi baik, sehingga dapat bekerja dengan sama baik.

Permasalahan yang sering terjadi pada hardisk

Hardisk atau biasa disingkat dengan nama HDD merupakan perangkat keras yang masih menggunakan teknologi mekanik di dalamnya. Perangkat mekanikal di dalam hardisk mudah goyang, atau tidak tahan terhadap guncangan keras. Kalau sampai bagian-bagian di dalam hardisk mengalami guncangan, maka bisa membuat hardisk mengalami bad sector.

Hardisk yang mengalami bad sector biasanya akan lambat dalam memproses data, dan tidak bisa menyimpan file. Kalau pun file tersimpan, biasanya akan hilang setelah direstart, file rusak (corrupt), drive tidak terbaca, hardisk akan berbunyi, dan kondisi lainnya.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga dan merawat hardisk dengan baik, agar data-data penting di dalam komputer tidak mengalami kerusakan atau hilang.

Merawat hardisk dengan mengecek kondisinya 

Sistem operasi Windows sudah menyertakan tools tersendiri untuk mengecek dan merawat kondisi hardware komputer, yang salah satunya hardisk. Jadi, Anda tidak perlu repot menginstal program pihak ketiga seperti HDD Regenerator atau pun lainnya untuk mengecek dan melakukan perbaikan pada hardisk kalau terjadi masalah.

Untuk cara penggunaan tools diagnostik hardisk di Windows, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah pertama adalah membuka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada salah satu drive HDD atau pun SSD yang Anda gunakan. Selanjutnya, Anda tinggal memilih opsi Properties, hingga terbuka berbagai tab di jendela tersebut.

Di tahapan ini, Anda bisa melihat informasi hardisk atau SSD Anda dengan mengklik pada tab Hardware. Di sini, Anda pun bisa melihat kondisi hardisk atau pun SSD Anda. Kalau keterangannya masih This device is working properly, itu berarti perangkat Anda masih normal atau baik-baik saja.

Tapi, kalau ternyata ada pesan eror tertentu pada hardisk atau SSD, maka silakan klik pada tab Tools. Kemudian, klik tombol Check untuk mengecek eror yang ada pada hardisk atau pun SSD tersebut.

Sampai pada tahap terakhir di atas, Anda cukup menunggu proses pengecekannya yang berjalan secara otomatis. Kalau memang terjadi masalah, biasanya Windows akan melakukan perbaikan langsung. Tapi, kalau memang erornya cukup parah, Anda sebaiknya membawa ke ahlinya, atau menggunakan software pihak ketiga untuk perbaikan, seperti HDD Regenerator.


Related

Technology 731216505034979275

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item