12 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Paling Sukses di Hollywood

12 Fakta Christopher Nolan, Sutradara Paling Sukses di Hollywood

Naviri Magazine - Film Batman mulai menarik lebih banyak kalangan setelah digarap oleh Christopher Nolan. Diawali Batman Begins, lalu The Dark Knight, dan diakhiri dengan The Kningt Rises, film yang berkisah superhero dengan kostum kelelawar itu segera menjadi film yang dipuji dan digilai banyak orang sedunia.

Ketiga film itu digarap oleh Christopher Nolan, sutradara Hollywood yang diakui sebagai salah satu sutradara jenius.

Christopher Edward Nolan, atau lebih dikenal dengan Christopher Nolan, juga salah satu sutradara berpenghasilan tertinggi di dunia, dan disebut sebagai pembuat film paling sukses dan berpengaruh di abad ke-21.

Sineas yang lahir di London, 30 Juli 1970, ini sudah membuktikan kapasitasnya sebagai sutradara andal sejak masih menggarap film-film independen. Berbagai karya penyutradaraannya selalu menuai apresiasi luas. Film-film Nolan identik dengan konsep filosofis, sosiologis, dan etis, mengeksplorasi moral manusia, konstruksi waktu, serta memori manusia.

Berikut ini adalah 12 fakta menarik seputar Christopher Nolan, yang mungkin belum diketahui banyak orang.

1. Film pertama Christopher Nolan, Following (dirilis 1998), dibuat hanya dengan budget 6.000 poundsterling, dan syuting hanya bisa dilakukan di akhir pekan, karena para pemain dan kru punya pekerjaan sendiri-sendiri.

2. Meski film-filmnya sering menampilkan teknologi canggih, Nolan sebenarnya kurang tertarik dengan teknologi baru, seperti CGI dan email. Ia juga melarang penggunaan ponsel di lokasi syuting.

"Saya tidak pernah menggunakan e-mail, karena saya merasa itu tidak membantu pekerjaan saya. Saya tidak bisa diganggu oleh hal seperti itu,” ungkap Nolan, seperti dilansir oleh The Hollywood Reporter. Selain itu, Nolan sengaja menghindari penggunaan CGI ketika membuat film Batman Begins.

3. Nolan dikenal tidak suka menggunakan unit kedua (asisten) dalam syuting. Ia lebih suka mengawasi semua proses syuting sendirian.

4. Nolan adalah sutradara kedua setelah James Cameroon yang membuat dua film laris dengan pendapatan melebihi 1 miliar dolar AS (The Dark Knight dan The Dark Knight Rises). Namun, Nolan adalah yang pertama melakukannya dalam format 2D, karena dua film laris Cameroon, Avatar dan Titanic, juga dirilis dalam format 3D.

5. Nolan adalah keturunan Irlandia, dan saat ini memegang dua kewarganegaraan, Inggris dan Amerika Serikat.

6. Ternyata, Nolan buta warna parsial, sehingga susah membedakan warna merah dan hijau. Namun, kondisi ini bukan hambatan bagi Nolan, malah dia menjadi inspirasi bagi para penderita buta warna lain untuk terus berkarya.

Dia juga penggemar James Bond, dan film 007 favoritnya adalah On Her Majesty’s Secret Service.

8. Nolan mendapat banyak donasi di acara Festival Film Hong Kong 1999 dengan menunjukkan filmnya, Following, dan kemudian meminta pemirsa menyumbangkan dana untuk filmnya berikutnya, Memento.

9. Nolan tercatat telah beberapa kali berkolaborasi dengan aktor Michael Caine secara berturut-turut. Batman Begins, The Prestige, The Dark Knight, Inception, The Dark Knight Rises, Interstellar, serta Dunkirk sebagai cameo.

10. Pria yang suka band Radiohead ini kerap menggunakan gaya penceritaan tidak urut dalam filmnya. Contohnya Following, Memento, dan The Prestige. Tokoh antagonis dalam filmnya juga lebih sering punya motif filosofis daripada motif lainnya.

11. Film Dunkirk, yang disutradarai Nolan, syuting langsung di kota Dunkirk. Kota kecil di Prancis yang menjadi saksi peristiwa kelam evakuasi terhadap lebih dari 300 ribu tentara gabungan beberapa negara yang terjebak, saat tentara Jerman menyerbu. Alasannya simpel, demi menjaga keaslian sejarah tersebut.

12. Nolan juga berkontribusi dalam film Man of Steel, Transcendence, serta Batman v Superman: Dawn of Justice.

Secara keseluruhan, sepertinya Nolan adalah sutradara yang gaya berpikirnya lain daripada yang lain. Terlihat dari fakta dia tidak mau memiliki e-mail dan tidak suka menggunakan CGI. Tapi keeksentrikan itu sama sekali tidak menghambatnya untuk berkarya.

Baca juga: Setelah Heath Ledger Mati Meninggalkan Joker

Related

Entertaintment 339917533386071730

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item