Daftar Nomor Telepon Darurat Indonesia yang Perlu Diketahui

Daftar Nomor Telepon Darurat Indonesia yang Perlu Diketahui

Naviri Magazine - Bayangkan kita ada di suatu tempat asing yang sepi, tanpa orang lain. Kita baru saja menjadi korban kejahatan, misal kendaraan kita dirampas. Kita tidak tahu harus melangkah ke mana, karena tempat itu masih asing bagi kita, dan kita juga tidak tahu harus minta tolong pada siapa.

Dalam kondisi semacam itu, ponsel dapat menolong kalau kita telah memasukkan nomor darurat ke dalamnya. Dengan menghubungi nomor darurat, kita bisa meminta pertolongan atas musibah yang baru saja terjadi.

Nomor telepon darurat sangat penting untuk diketahui dan disimpan oleh masyarakat. Nomor tersebut dapat dihubungi oleh masyarakat untuk meminta pertolongan saat terjadi keadaan darurat di sekitarnya.

Namun, masih banyak orang yang tak acuh dan merasa nomor tersebut tidak penting untuk diingat atau disimpan. Akibatnya, saat terjadi keadaan darurat, misalnya kebakaran, kecelakaan, atau bencana alam, penanganan korban oleh petugas atau pihak berwajib menjadi terlambat. Paling parah, keterlambatan penanganan dapat menyebabkan korban jiwa.

Nomor telepon darurat setiap negara dapat berbeda-beda. Namun, pada umumnya nomor telepon darurat terdiri dari tiga atau empat digit angka sehingga lebih mudah diingat dan dapat dihubungi dengan cepat.

Di negara lain, contohnya di Amerika Serikat, nomor telepon darurat hanya satu jalur saja yakni 911. Nomor darurat tunggal ini disebut nomor telepon darurat universal karena dapat melayani laporan masyarakat dalam kondisi darurat apapun. Nomor yang singkat dan hanya satu jalur, memudahkan masyarakat saat membutuhkan bantuan darurat.

Sayangnya, di negara kita terdapat nomor telepon darurat yang berbeda-beda untuk setiap jasa penanganan keadaan darurat. Oleh karena itu, seluruh nomor tersebut harus diingat atau disimpan di dalam ponsel agar dapat dihubungi dengan cepat saat terjadi keadaan darurat.

Berikut daftar nomor telepon darurat di Indonesia yang wajib Anda ketahui.

Nomor polisi: 110
Nomor ambulans: 118 dan 119
Nomor Badan Search and Rescue (SAR) Nasional: 115
Nomor posko bencana alam: 129
Nomor Perusahaan Listrik Negara (PLN): 123
Nomor pemadam kebakaran: 113 atau 1131
Nomor darurat telepon seluler dan satelit: 112
Nomor penerangan: 108


Related

Tips 4166570687373591493

Recent

item