Dalam Setahun, Manusia Membuat 1,2 Triliun Foto di Dunia

Dalam Setahun, Manusia Membuat 1,2 Triliun Foto di Dunia

Naviri Magazine - Zaman ini bisa jadi tak terbayangkan oleh orang-orang di zaman lampau, khususnya terkait pembuatan foto. Di zaman lampau, ketika kamera masih berat, besar, sekaligus mahal, urusan membuat foto sama sekali bukan urusan penting. Masih banyak hal lain yang perlu dikerjakan daripada sekadar urusan membuat foto.

Namun, kini, bersama teknologi kamera yang semakin canggih dan ringkas, orang membuat foto dengan mudah, semudah melakukan berbagai urusan lain.

Hari ini, masyarakat dunia menciptakan foto melebihi masa-masa manapun dalam rentang sejarah modern manusia. Publikasi yang dilakukan Business Insider menyebut ada 1,2 triliun foto yang dibuat manusia di seluruh dunia pada 2017. Angka ini meningkat dari hanya 660 miliar foto yang diambil manusia pada 2013.

Yang unik, 85 persen dari jumlah tersebut terjadi karena smartphone, bukan kamera digital konvensional. Kamera digital hanya menyumbang 10,3 persen dari total foto yang diciptakan dunia.

“Tidak ada keraguan bahwa smartphone menjadi cukup baik dimanfaatkan di banyak waktu, terima kasih pada ponsel, lebih banyak foto yang diambil daripada sebelumnya,” ucap Liz Cutting, anggota NPD, firma riset digital, pada Wired.

Annie Leibovitz, salah seorang tokoh di dunia fotografi, mengatakan bahwa populernya smartphone jadi alat untuk menciptakan foto karena gampang ditemui dan mudah digunakan. Leibovitz mengatakan bahwa iPhone dan smartphone secara umum merupakan “kamera bidik zaman ini.”

“Fotografi mobile (smartphone) hebat karena mengikis batasan untuk menggunakannya,” kata Doc Pop.

“Tanpa investasi yang besar, setiap orang dapat memasuki dunia fotografi hari ini,” tambah Leibovitz, yang senang menggunakan iPhone untuk mengambil foto.

James Abbott, kolumnis teknologi pada Techradar, menyebut dalam salah satu artikelnya bahwa teknologi kamera di smartphone telah meloncat menuju kesempurnaan di tahun-tahun terakhir ini. Menurut Abbot, “prestasi ini bisa dipertahankan, katakanlah 10 tahun ke depan, kamera smartphone diprediksi akan memiliki kemampuan setara dengan kamera profesional high-end hari ini.”


Related

World's Fact 3968381890679298413

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item