Mengapa Hidung Kita Tampak Lebih Besar ketika Selfie?

Mengapa Hidung Kita Tampak Lebih Besar ketika Selfie?

Naviri Magazine - Ketika melakukan selfie, atau memotret diri sendiri menggunakan kamera, sebagian orang mungkin menyadari bahwa hidungnya tampak lebih besar. Sambil melihat foto hasil selfie yang mereka buat, mereka pun mungkin bertanya-tanya, “Apakah hidungku memang sebesar itu?”

Belakangan, banyak orang yang kemudian sampai melakukan operasi plastik yang ditujukan untuk mempermak wajah—lebih khusus memperkecil ukuran hidung—gara-gara mendapati hidung mereka di foto tampak besar.

Pasien operasi plastik di Amerika, misalnya, meningkat 13 persen pada tahun 2017.  Menurut American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgeons, 55 persen pasien menginginkan operasi plastik demi terlihat lebih baik di foto selfie mereka.

Menurut para pasien, ketika melakukan selfie, hidung mereka tampak lebih besar dalam frame foto. Hal itu disebabkan adanya distorsi pada hidung ketika mengambil foto selfie.

Penelitian tersebut juga menyoroti alasan beberapa pasien untuk melewati prosedur operasi plastik demi memupuk kepercayaan diri di media sosial.

Ahli bedah plastik, dari Universitas Rutgers, Boris Paskhover, mewanti-wanti para anak muda bahwa apa yang ada di foto bukanlah wajah asli mereka. Ia pun tak ingin distorsi pada hidung menjadi alasan untuk melakukan operasi plastik.

"Saya bilang kepada mereka, 'hidungmu tak tampak besar. Itu adalah distorsi ketika kamera mendekat ke wajahmu'," akunya, sebagaimana dilansir Tech Times.

Ia menambahkan, dirinya ingin para anak muda menyadari bahwa ketika mereka melakukan selfie, pada dasarnya mereka bercermin ke funhouse mirror yang sering hadir di sebuah karnival. Funhouse mirror merupakan cermin distorsi yang memanfaatkan cermin cembung dan cekung. Hasil cerminan akan tampak lebih ramping, atau lebih melebar dibanding objek asli.

"Anak muda seringkali ber-selfie untuk diunggah ke media sosial, dan berpikir jika foto-foto tersebut mewakili wujud nyata penampilan mereka, yang berimbas ke emosi mereka", imbuh Paskhover.

Lebih lanjut, penelitian yang berjudul "Nasal Distortion in Short-Distance Photographs: The Selfie Effect" tersebut menunjukan jika rata-rata foto selfie kurang tepat menggambarkan bentuk hidung.

Penelitian tersebut membeberkan fakta, ketika mengambil foto selfie dengan jarak sekitar 12 inci dari wajah, dapat membuat hidung lebih lebar 30 persen. Ujung hidung pun terlihat 7 persen lebih besar jika foto selfie diambil dari jarak lima kaki atau sekitar 1,5 meter.

Bagi wanita, jarak tersebut akan membuat hidung 29 persen lebih besar. Perspektif juga disebut mempengaruhi hasil foto. Ketika selfie, kamera akan lebih dekat ke wajah, sehingga membuatnya tampak lebih besar karena menangkap objek paling dekat, yakni hidung.

Namun, jika melibatkan orang lain untuk mengambil foto dengan jarak yang tidak terlalu dekat, maka distorsi tersebut akan terkikis, karena jarak antara obyek dan kamera.

Baca juga: 10 Smartphone dengan Kamera Terbaik Saat Ini

Related

Lifestyle 4438950071270754042

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item