India, Negara dengan Suara Klakson Paling Bising

India, Negara dengan Suara Klakson Paling Bising

Naviri Magazine - Di mana pun ada kendaraan, hampir bisa dipastikan di situ ada suara klakson. Karena nyatanya klakson menjadi bagian penting dari kendaraan, sebagai semacam bunyi peringatan bagi pihak lain di jalan raya.

Yang menjadi masalah, para pengendara kendaraan bermotor sering kali “lebay” dalam menggunakan klakson, sehingga bunyi klakson tidak efektif sebagaimana tujuannya, namun malah bikin bising dan menjengkelkan. Di mana pun di jalan raya, kita sering menemui orang-orang yang membunyikan klakson seenaknya. Kenyataan semacam itu tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain.

Dalam hal itu, India tampaknya menjadi negara paling parah dalam urusan klakson. Mengutip laporan Forbes, mobil dan sepeda motor di India membunyikan klakson setiap kali hendak mendahului kendaraan di depannya. Hal itu dilakukan karena banyak kendaraan, khususnya truk, tidak memasang kaca spion.

Alasannya, kaca spion menambah dimensi lebar mobil, sehingga rawan bersenggolan dengan sesama truk atau kendaraan lain. Para pengendara pun membunyikan klakson agar truk atau kendaraan lain di depannya tahu bahwa mereka akan mendahului.

Times of India pernah mewartakan alasan supir-supir di India sering kali membunyikan klakson. Seorang supir mengatakan bahwa membunyikan klakson adalah cara untuk mengusir stres, layaknya mendengarkan lagu.

“Saya berkendara saat akan berangkat kerja atau ketika pulang ke rumah. Untuk mengusir stres, saya lebih suka menggunakan klakson buat menyalurkan rasa frustasi dan menenangkan diri,” ujar supir bernama Mihir Ferao.

Dalam tulisan yang sama, Times of India menjelaskan, jalan raya di Negeri Taj Mahal bukan hanya dipenuhi kendaraan bermotor, tapi juga pejalan kaki, anak-anak yang bermain, atau orang-orang yang berkumpul. Suara klakson dibunyikan agar pengguna jalan lain mawas terhadap kedatangan kendaraan bermotor yang melintas.

Baca juga: Di Inggris, ‘Dolanan’ Klakson Bisa Didenda Puluhan Juta

Related

World's Fact 643666091629623205

Recent

item