Lagu-lagu yang Paling Membangkitkan Semangat Pendengarnya

Lagu-lagu yang Paling Membangkitkan Semangat Pendengarnya

Naviri Magazine - Ada banyak emosi yang bisa kita rasakan saat mendengarkan suatu lagu. Saat mendengar lagu sedih, kita bisa ikut merasa sedih. Saat mendengarkan lagu riang, kita bisa ikut berdendang riang. Begitu pun, saat mendengarkan lagu yang membangkitkan semangat, kita merasakan semangat ikut bangkit dan berkobar.

Lagu apa yang paling membangkitkan semangat pendengarnya? Pertanyaan itu ditindaklanjuti oleh Dr. Jacob Jolij di University of Groningen, Belanda. Ahli neurosaintis kognitif ini melakukan penelitian terhadap lagu-lagu yang dianggap mampu membangkitkan semangat pendengar, dan menempatkan lagu Don't Stop Me Now yang dinyanyikan Queen sebagai lagu yang paling membangkitkan motivasi pendengar.

Dalam penelitian itu, Dr. Jacob menemukan bahwa untuk menghasilkan lagu yang memotivasi, formula yang digunakan adalah kombinasi lirik, ketukan, dan akor. Pada fase awal, Dr. Jolij membagi lagu berdasarkan lirik positif yang termuat di dalamnya, ketukan 150 per menit, dan dimainkan pada tangga nada mayor.

Setelah melalui tahapan tersebut, lagu Don't Stop Me Now milik kelompok Queen dari album Jazz (1978) terpilih sebagai lagu paling memberi motivasi. Pelengkap lima besar dalam daftar tersebut adalah Dancing Queen (Abba), Good Vibrations (The Beach Boys), Uptown Girl (Billie Joel), dan Eye of the Tiger (Survivor).

"Mendefinisikan sebuah lagu memberi semangat atau tidak pada pendengarnya sebenarnya agar sukar dilakukan. Karena apresiasi musik per individu sangat tergantung pada konteks pribadi dan sosial. Untungnya, musik memiliki fitur khusus yang dikenal bisa memainkan peran penting dalam penerimaan emosional sebuah lagu, seperti penggunaan tangga mayor atau minor, lirik, dan tempo lagu," jelas Dr. Jolij dalam situs resminya.

Daftar lagu pembangkit semangat berdasarkan periode juga dirilis Dr. Jolij. Hasilnya adalah:

Periode 2010-an: Happy (Pharrell Williams)

Periode 2000-an: Dancing in the Moonlight (Toploader)

Periode 1990-an: Let Me Entertain You (Robbie Williams)

Periode 1980-an: Uptown Girl (Billy Joel)

Periode 1970-an: Don't Stop Me Now (Queen)

Periode 1960-an: Good Vibrations (The Beach Boys)

Penelitian ini dilakukan untuk merek eletronik Alba, dengan tujuan mencari tahu musik apa yang membangkitkan suasana hati para pelanggannya.

Baca juga: 10 Lagu Terkenal Paling Ikonis Sepanjang Masa

Related

Music 8433945798819279282

Recent

item