Novel Harry Potter: Dicetak 500 Eksemplar, Terjual Hingga 500 Juta

 Novel Harry Potter: Dicetak 500 Eksemplar, Terjual Hingga 500 Juta

Naviri Magazine - Harry Potter adalah keajaiban dalam dunia penerbitan. Bukan hanya isi kisahnya yang penus sihir magis dan ajaib, namun penerbitan serial novel itu juga telah menciptakan gelombang besar dalam hal meningkatkan minat baca, dari anak-anak sampai orang tua. Setelah sukses sebagai novel, Harry Potter lalu diangkat ke layar lebar, dan berbagai merchandise-nya pun dijual.

Pada 26 Juni 1997, Penerbit Bloomsbury menerbitkan seri pertama, Harry Potter and the Philosopher's Stone, dan mencetaknya sebanyak 500 eksemplar. Joanne K. Rowling, seorang ibu tunggal dari Edinburgh, penulis novel tersebut, akhirnya mendapat kesempatan menerbitkan karya pertamanya. Sebelum itu, 12 penerbit menolak naskahnya lantaran dianggap terlalu panjang.

Dua puluh satu tahun kemudian, Januari 2018, tujuh jilid novel yang terdiri dari 1.100.086 kata tersebut telah terjual sebanyak 500 juta kopi di seluruh dunia dalam 80 bahasa. Ini membuat Rowling memperoleh pendapatan sebanyak 95 juta dolar pada 2017.

Novel-novel Harry Potter mewakili beberapa genre sastra. Tidak hanya fantasi, tetapi juga romansa, petualangan, thriller, pulp fiction, misteri, gothic, dan fiksi detektif yang digabung jadi satu. Kompleksitas dan kekayaan topik yang dibahas dalam novel juga membuat Harry Potter menarik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Baca juga: 10 Novel Terlaris Sepanjang Sejarah

Related

Books 8341888104522867483

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item