Upaya Mengungkap Penemuan Koin Iblis yang Misterius

Upaya Mengungkap Penemuan Koin Iblis yang Misterius

Naviri Magazine - Penemuan benda-benda dari zaman kuno sering kali memicu keingintahuan, khususnya dari kalangan ilmuwan dan peneliti. Biasanya, melalui penelitian yang rumit dan intens, mereka berhasil mengungkapkan sesuatu dari benda-benda kuno yang mereka temukan.

Namun, kadang pula, benda-benda yang ditemukan sangat membingungkan, sehingga sulit mengungkap hal-hal di baliknya. Tampaknya, kenyataan itu pula yang terjadi pada penemuan koin iblis.

Para pekerja proyek renovasi gereja Bath Abbey di Inggris membuat penemuan mengejutkan ketika mereka sedang mengangkat kursi-kursi di bangunan kuno tersebut. Sepasang koin misterius dengan gambar iblis terletak di sana.

Di bawah gambar iblis, terdapat tulisan dalam bahasa Latin “CIVITAS DIABOLI” yang berarti kota iblis. Sementara di baliknya, tertulis kata-kata dalam bahasa Denmark, “13 MAJ ANHOLT 1973”.

Tertegun oleh penemuan aneh tersebut, peneliti berusaha mengungkap kisah luar biasa di balik ‘koin iblis’.

Menurut para ahli dari Wessex Archaeology, tanggal yang tertulis di koin mengacu pada sebuah insiden di pulau Anholt, Denmark, pada 1973.

Pada saat itu, penduduk lokal menemukan 13 ‘tempat pemujaan’ di Anholt, yang memicu penyelidikan lebih lanjut oleh polisi. Topeng, lilin hitam, tumpukan batu yang aneh, tulang dililit tali, hingga kepala palsu yang tertancap di tiang, ditemukan di sana.

Benda-benda ‘aneh’ itu kemudian diliput oleh media nasional Denmark, memunculkan spekulasi adanya ilmu hitam dan pemujaan setan di Anholt. Bahkan, ada rumor tentang pengorbanan manusia di pulau tersebut. Namun, teori terakhir ini terbantahkan karena terduga korban menghubungi polisi.

Saat kehebohan mulai mereda, misteri baru justru muncul. Koin-koin dengan gambar iblis mulai muncul di gereja-gereja dan museum di Denmark. Hampir 400 koin ditemukan.

“Beberapa koin bahkan dilengkapi dengan surat yang menyatakan bahwa itu berasal dari imam iblis tertinggi, bernama Alice Mandragora,” papar arkeolog.

Namun, ternyata, artefak-artefak aneh yang ditemukan – termasuk ‘koin iblis’ – merupakan bagian dari tipuan rumit.

Di 2013 lalu, koran Denmark, Politiken, mengungkap bahwa lelucon itu berasal dari gagasan Knud Langkow, pegawai di National Gallery of Denmark yang meninggal pada 2004. Keponakannya, Lene Langkow Saaek, menjelaskan bahwa Knud Langkow bukanlah pemuja setan. Tipuan itu hanyalah bagian dari selera humornya.

"Saya rasa, kenormalan adalah hal membosankan bagi Knud. Ia tidak suka hidup yang biasa-biasa saja," papar Lene.

Beberapa koin memang dicetak oleh Knud sendiri. Namun, sisanya, kemungkinan dibuat oleh para ahli yang ikut terlibat.

Bruce Eaton, Project Manager Wessex Archaeology di Bath Abbey, mengatakan, banyak sejarawan dan arkeolog yang sering memalsukan artefak. Namun, biasanya hanya berupa tulisan, bukan benda fisik seperti yang dilakukan Knud.

Ia menambahkan, penemuan ‘koin iblis’ ini menekankan pentingnya menyelidiki benda-benda misterius yang baru ditemukan dengan kecurigaan. “Untuk mendeteksi temuan palsu yang dirancang untuk menyesatkan, diperlukan mata yang kritis,” katanya.

Meskipun begitu, masih ada satu misteri tentang ‘koin iblis’ yang belum terpecahkan hingga saat ini. Masih belum jelas bagaimana koin dari Denmark tersebut bisa sampai ke gereja Bath Abbey di Inggris.

Ada pola yang menunjukkan bahwa ‘koin iblis’ ini muncul di lokasi-lokasi liburan. Jadi, ada kemungkinan Knud Langkow atau salah satu bawahannya meletakkan koin-koin tersebut saat sedang mengunjungi gereja bersejarah Bath Abbey. Namun, tidak ada bukti kuat bahwa itu pernah terjadi.

'Koin iblis' yang ditemukan di Bath Abbey kini berada dalam perawatan Wessex Archaeology. Mereka akan memasukkannya ke dalam arsip situs, bersama dengan artefak-artefak yang berasal dari zaman Romawi hingga modern.

Baca juga: Benarkah Segitiga Bermuda Adalah Singgasana Dajjal?

Related

Mistery 49785087708298521

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item