Setelah Heath Ledger Mati Meninggalkan Joker

 Setelah Heath Ledger Mati Meninggalkan Joker

Naviri Magazine - Joker adalah tokoh antagonis yang muncul dalam kisah Batman, yang menjadi musuh sang superhero. Selama berkali-kali tokoh Batman diangkat ke layar lebar, tokoh Joker juga beberapa kali muncul, dan diperankan oleh beberapa aktor. Namun, sosok Joker baru menarik perhatian banyak orang saat diperankan oleh Heath Ledger.

Ketika dibawakan Heath Ledger, sosok Joker begitu hidup, dan menawan. Namun, kemudian, Heath Ledger meninggal pada 22 Januari 2008, dan tokoh Joker kehilangan sosok yang mampu memerankannya dengan baik.

Sial bagi pemeran Joker seusai Heat Ledger. Gara-gara dia, para aktor harus melewati—atau setidaknya menyamai—kualitas Ledger jika ingin membuat penonton terkesan. Khususnya bila hendak bikin penggemar Batman terkagum-kagum.

Film superhero dikenal sulit merengkuh prestasi, masuk nominasi Oscar atau Golden Globe Award saja sudah syukur. Entah apa penyebab pastinya, tapi salah satu kemungkinannya karena jalan cerita yang selalu “biasa”.

Tetapi Ledger, atas peran Joker di The Dark Knight (2008), menjadi aktor pertama yang memenangkan Piala Oscar (peran pendukung terbaik) lewat film superhero. Dia satu-satunya yang sanggup mengangkat citra Joker ke level tertinggi.

Apa yang dicapai Ledger luar biasa untuk karirnya, dia patut berterima kasih kepada sutradara Christopher Nolan yang sukses menghidupkan trilogi Batman. Namun, kemudian, pencapaian Ledger menjadi kontrol stigma bagi aktor lainnya.

"Andai saja Joker hanya pernah diperankan oleh Heath, mungkin saya akan merasa sangat tak pantas," kata Jared Leto, pemeran Joker dalam Suicide Squad (2016), dilansir The Independent. Memang cuma itu dalih terbaik Leto agar tak sampai minder.

Para pemeran Joker setelah Ledger hanya dapat berlindung di balik bayang-bayang Cesar Romero dan Jack Nicholson (dua pemeran Joker pada tahun 1966 dan 1989), tanpa perlu memaksakan diri untuk dibandingkan dengan Ledger.

Piala Oscar yang diraih Ledger adalah standar tentang bagaimana Joker mesti diperankan. Semenjak pria 28 tahun tersebut meninggal akibat overdosis, Joker tak sekadar momok dalam lakon antagonisnya untuk Batman.

Baca juga: Diduga Kerasukan Joker, Heath Ledger Mati Over Dosis

Related

Entertaintment 4630805914476017593
item