Tarian India, Perpaduan Antara Sensualitas dan Budaya

Tarian India, Perpaduan Antara Sensualitas dan Budaya

Naviri Magazine - India adalah negara yang lekat dengan kebudayaan tari-tarian. Hal itu bisa dilihat dengan mudah saat kita menyaksikan film-film mereka. Dalam setiap film, hampir bisa dipastikan ada bagian lagu yang diiringi tari-tarian, entah dilakukan satu orang atau banyak orang.

Tari, dalam tradisi India, biasanya menjadi bagian penting yang berhubungan dengan budaya dan kepercayaan. Menurut legenda India, para dewa yang menciptakan tarian. Menari adalah salah satu seni yang paling tua dan dihormati, karena menggabungkan melodi, drama, bentuk, dan garis.

Gerakan, posisi tubuh, dan gerakan kepala, menjadi bagian utama tarian India. Penggunaan tangan, jari-jari tangan, dan mata, sangat penting. Kalau dihitung, ada hampir seribu gerakan tangan dan tanda khusus (disebut mudras). Dan seringkali lonceng dipakai di sekitar pergelangan kaki.

4 bagian dasar tarian

Ada istilah abhinovas, dasar sangat penting untuk memahami tarian India. Mereka terdiri dari 4 bagian:

1) Teknik gerakan, yang meliputi ekspresi wajah, gerakan kepala, dan gerakan tubuh;
2) Semua jenis suara dan instrumental yang berhubungan dengan tarian;
3) Tindakan tidak disengaja seperti keringat, gemetar, dan tersipu; dan
4) Make-up, kostum, dan set.

Beberapa penari mampu mengubah warna kulit mereka dengan secara sadar memompa darah ke kapiler di wajah, hingga mengubah wajah berwarna tertentu.

Menurut laman factsanddetails, gerakan memainkan peran sangat penting dalam tarian India. Beberapa tarian memiliki lebih dari 600 isyarat, masing-masing memiliki arti khusus dan makna tersendiri, dan diketahui oleh masyarakat yang menonton tariannya.

Telah dikemukakan bahwa kode tarian ini dikembangkan sebagai cara menyampaikan satu pesan melalui kelompok tarian yang melakukan perjalanan melalui rintisan di mana bahasa yang berbeda digunakan atau dikembangkan secara otodidak, yang biasa dilakukan oleh pendongeng untuk menyampaikan dan mendramatisir cerita mereka.

Warna yang ada juga kaya simbolisme dan makna. Make up mata berat sering dipakai untuk menonjolkan ekspresi mata.

Sejarah tari India

Tarian yang dilakukan di India dikatakan berasal dari tarian dan ritual periode Weda, yang berasal dari sekitar tahun 1000 SM. Teks agama India paling awal menggambarkan proses penciptaan dalam hal tari-tarian. Gua di wilayah Vindhya Hill di Mardya Pradesh dipenuhi gambar-gambar yang dibuat oleh pemburu, pengumpul, penari dalam beragam posisi.

Bukti paling nyata dan tertua dari tarian India menggambarkan tarian lega relief yang ditemukan di daerah Barhut, Sanhi, dan Amaravati, yang berasal dari abad ke 2 SM sampai abad ke-3 Masehi. Natyasastra dari Bharata, sebuah risalah tentang drama dan tarian yang ditulis antara 2 Masehi dan abad ke-4, dan kadang disebut sebagai Veda kelima. Tari di India dipandu oleh kode yang rumit di Natya Shastra, dan oleh mitologi, legenda, juga sastra klasik.

Patung dari seluruh India dan dari banyak periode sejarah yang berbeda, banyak ditemukan sebelum tahun 1000 Masehi, menggambarkan pentingnya tarian dalam sejarah budaya India dan kekayaan tradisinya. Banyak bentuk klasik penari tergambar pada patung-patung kuno.

Baca juga: 100 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Related

Insight 2569987294633246485

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item