5 Teori Konspirasi di Balik Hilangnya Pesawat MH370

5 Teori Konspirasi di Balik Hilangnya Pesawat MH370

Naviri Magazine - Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang, dan hal itu membuat dunia bertanya-tanya dengan heran. Pasalnya, Malaysia Airlines MH370 adalah pesawat besar yang mestinya mudah terlihat atau mudah ditemukan.

Jika pesawat itu jatuh ke laut, mestinya pencarian yang telah dilakukan selama ini sudah menemukan bangkainya. Atau, jika pesawat itu mengalami masalah di udara, lalu jatuh ke hutan, misalnya, pencarian pun sudah pasti telah menemukannya.

Tapi pesawat yang besar itu hilang, tanpa bekas. Hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 tidak diragukan lagi adalah misteri penerbangan terbesar abad ini. Penyebab hilangnya pesawat dan keberadaan Boeing 777 itu hingga saat ini tidak diketahui.

Berbagai spekulasi pun bermunculan. Mulai dari yang terdengar ilmiah, hingga tidak masuk akal. Ada banyak teori konspirasi yang beredar, kebanyakan tidak bisa dibuktikan kebenarannya, meski banyak pula yang mempercayai. Berikut ini adalah lima teori konspirasi di antaranya.

1. Disiapkan untuk serangan

MH370 hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014. Tahun itu bertepatan dengan peringatan ke-13 serangan 9/11 di New York, Amerika Serikat.

Muncul teori konspirasi yang didengungkan di internet. MH370 disebut tidak hilang karena kecelakaan tapi disembunyikan, disiapkan untuk serangan teroris pada 11 September di tahun itu.

Didengungkan oleh kelompok bernama Alternative Media Television (AMTV) dalam sebuah rekaman di Youtube, pemaparan soal teori konspirasi ini sudah ditonton sebanyak 360 ribu kali.

Teori ini tidak terbukti. Peringatan 9/11 berlangsung aman tanpa ada kendala keamanan.

2. Bertukar pesawat

Teori yang dikenal dengan istilah "bertukar pesawat" dikemukakan oleh Jim Stone, yang mengaku sebagai jurnalis independen. Menurut teori Stone, MH370 sebenarnya pesawat Malaysia Airlines yang ditembak jatuh di atas udara Ukraina, bukan MH17 yang selama ini diketahui.

Tanpa menyajikan bukti apa pun, Stone mengatakan MH370 ditembak jatuh oleh Mossad Israel untuk menutupi kejahatan mereka di Gaza. Entah apa maksudnya, yang jelas banyak yang memercayainya.

3. Mendarat di pulau

MH370 hilang tak berbekas, bagai menguap di udara. Lantas muncul dugaan, pesawat yang membawa 239 awak dan penumpang sebenarnya tidak hilang, tapi mendarat di sebuah pulau.

Pulau yang dimaksud adalah Diego Garcia di Samudera Hindia, tempat pangkalan militer Amerika Serikat berada. MH370 disebut digunakan untuk semacam eksperimen tentara Amerika.

Saking kencangnya teori konspirasi ini, juru bicara Kedutaan Besar AS di Malaysia sampai mengeluarkan pernyataan untuk membantahnya.

"Tidak ada indikasi MH370 terbang dekat Maladewa atau Diego Garcia. MH370 tidak mendarat di Diego Garcia," kata Kedubes AS, dikutip media Malaysia, The Star, pada April 2014.

Apa pun yang dikatakan pemerintah AS, beberapa orang terbukti tidak peduli dan tetap menganggap ini konspirasi Amerika.

4. Senjata rahasia

Situs Natural News, yang biasa menyajikan berita bombastis dan konspiratif, menuliskan MH370 kemungkinan hilang dihantam senjata rahasia baru yang sangat canggih.

Menurut Mike Adams, pendiri situs itu, hilangnya MH370 adalah akibat serangan "senjata yang kuat, baru, dan misterius". Senjata ini, kata Adams, mampu memusnahkan "pesawat di udara tanpa menimbulkan bukti satu pun."

"Jika senjata seperti itu benar ada, siapa pun yang memiliknya punya kemampuan mendominasi seluruh negara di dunia dengan senjata militer menakutkan, dengan kekuatan yang tidak bisa dibayangkan," ujar Adams.

5. Diculik alien

Terakhir, dan selalu muncul setiap kali ada kasus misterius, tentu saja adalah alien. Netizen di media sosial ramai membicarakan soal MH370 yang menjadi korban penculikan alien.

Menurut mereka yang percaya teori ini, selama ini tiga negara—Australia, Malaysia, dan China—mencari di tempat yang salah. Mereka mengatakan, MH370 tidak ada di Samudera Hindia, bahkan sudah tidak ada di planet ini.

Terdengar konyol memang, namun survei CNN menunjukkan satu dari 10 warga Amerika percaya MH370 diculik alien atau berada di dimensi lain.

Baca juga: Misteri Membingungkan di Balik Hilangnya Kapal dan Pesawat

Related

Mistery 5467442190981024343

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item