10 Film Box Office Terbaru: The Meg di Posisi Teratas

10 Film Box Office Terbaru: The Meg di Posisi Teratas

Naviri Magazine - Para penggemar Jason Statham pasti sedang bergembira. Pasalnya, aktor berkepala pelontos itu kembali datang dengan membintangi film baru, berjudul The Meg. Kisahnya menceritakan munculnya makhluk buas dari dasar laut, megalodon.

The Meg sepertinya sukses besar, karena menempati peringkat teratas di tangga box office Amerika Serikat (AS). Pada periode akhir pekan lalu (10-12 Agustus), film hiu raksasa The Meg memperoleh 45,4 juta dolar AS (Rp661,9 miliar) dan menggeser Mission: Impossible - Fallout dari posisi puncak.

Di luar AS, amukan The Meg lebih terasa. Di Tiongkok saja, pendapatan film garapan sutradara Jon Turteltaub ini mencapai 50 juta dolar. The Meg memang mengincar negeri Tirai Bambu dengan memasang aktris Li Bingbing sebagai salah satu pemain utama.

Secara total, film yang dibintangi Jason Statham itu sudah memperoleh 146,9 juta dolar dari seluruh dunia—termasuk 2,7 juta dolar dari Indonesia. Dengan bujet produksinya sebesar 130 juta dolar, Warner Bros sebagai rumah produksi sudah untung dari pendapatan The Meg dalam beberapa pekan mendatang.

Selain The Meg, dua film debutan lainnya juga berhasil masuk lima besar. Pertama adalah Slender Man yang duduk di peringkat empat dengan perolehan 11,4 juta dolar.

Tanggapan kritikus terhadap film garapan sutradara Sylvain White ini sebetulnya buruk sekali. Rating-nya hanya 13 persen di Rotten Tomatoes dengan nilai rata-rata 3,4 dari 10 poin. Namun setidaknya pendapatan Slender Man sudah melebihi ongkos produksinya yang sebesar 10 juta dolar.

Pencapaian Slender Man hingga masuk lima besar boleh jadi karena kedekatan ceritanya dengan para penonton. Kisah film ini diangkat dari legenda urban masyarakat AS; yakni Slenderman—makhluk berbentuk lelaki tanpa wajah, berbadan sangat kurus, dan tinggi.

Film ini berlatar kota kecil di Massachussets, ketika sekelompok anak muda berusaha membuktikan bahwa Slenderman hanya mitos fiktif. Namun, suatu ketika salah satu dari mereka menghilang secara tiba-tiba.

Debutan lainnya adalah BlacKkKlansman yang duduk tepat di bawah Slender Man. Film garapan sutradara Spike Lee ini memperoleh 10,8 juta dolar. Seperti Slender Man, BlacKkKlansman juga memiliki warna cerita yang sangat lekat dengan penonton AS.

Film ini berlatar 1970-an yang diangkat dari kisah nyata Ron Stallworth (John David Washington), orang Afrika-Amerika pertama yang jadi detektif di Kepolisian Colorado. Dengan berani, Stallworth berusaha membongkar Ku Klux Klan, kelompok fanatik super-ekstrem yang sangat anti terhadap ras kulit hitam.

Berbeda dengan Slender Man, BlacKkKlansman menjadi favorit para kritikus film. Rating-nya di Rotten mencapai 97 persen dengan nilai rata-rata 8,2 dari 10 poin.

"BlacKkKlansman menggunakan sejarah untuk berkomentar pedas tentang kejadian aktual. Film ini juga merupakan pekerjaan terkeras Spike Lee dalam beberapa dekade belakangan," demikian isi kesimpulan kritik Rotten.

Spike Lee adalah sutradara yang kerap menjadikan filmnya sebagai kritik sosial. Film-filmnya antara lain Malcolm X (1992) dan Jungle Fever (1991).

Berikut 10 film terlaris di AS pada periode 3-5 Agustus, dilansir dari Box Office Mojo.

1. The Meg - $45,4 juta AS (pekan perdana).

2. Mission: Impossible - Fallout - $19,35 juta AS (total $161,32 juta - pekan 3).

3. Christopher Robin - $12,96 juta ($50,55 juta - pekan 2).

4. Slender Man - $11,37 juta (pekan perdana).

5. BlacKkKlansman - $10,85 juta (pekan perdana).

6. The Spy Who Dumped Me - $6,46 juta ($24,42 juta - pekan 2).

7. Mamma Mia: Here We Go Again - $5,86 juta ($103,87 juta - pekan 4).

8. The Equalizer 2 - $5,4 juta AS ($89,55 juta - pekan 4).

9. Hotel Transylvania 3: Summer Vacation - $5,2 juta ($146,99 juta - pekan 5).

10. Ant-Man and The Wasp - $4,1 juta ($203,57 juta - pekan 6).


Related

Film 5845144136554059041

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item