10 Hewan yang Memiliki Gigi Paling Luar Biasa

 10 Hewan yang Memiliki Gigi Paling Luar Biasa

Naviri Magazine - Rata-rata hewan memiliki gigi, yang fungsinya sama seperti gigi manusia, yaitu untuk mengunyah dan menghaluskan makanan sebelum kemudian dicerna dalam perut atau penernaan.

Dalam hal itu, sebagian besar hewan memiliki bentuk dan struktur gigi yang berbeda dengan manusia. Bahkan sangat jarang ada hewan yang memiliki gigi seperti gigi manusia. Karenanya, hewan yang memiliki struktur gigi mirip manusia akan dianggap istimewa.

Berikut ini adalah sepuluh hewan yang memiliki gigi menakjubkan, yang punya kemampuan luar biasa untuk berbagai hal.

Gigi ikan paus

Ikan paus yang dikenal berukuran sangat besar ini memiliki keunikan pada giginya. Barisan gigi yang terlihat seperti kumis itu mampu menyaring kril dan makhluk-makhluk kecil lain saat mengambil makanan di dalam laut. Fungsi 'kumis gigi' itu untuk membersihkan makanan sebelum dicerna perutnya.

Gigi cumi-cumi 

Cumi-cumi mempunyai seperangkat gigi mirip gigi manusia di dalam mulutnya. Namun barisan gigi kecil rapi itu sebenarnya merupakan bibir, dan tidak menakutkan seperti yang mungkin dibayangkan. Gigi ini tidak keras, tajam dan kuat seperti gigi manusia. Sebaliknya, gigi ini lembek seperti gigi pada anak-anak kecil.

Gigi ikan dragonfish

Ikan ini hidup di kedalaman laut. Ikan asal Australia ini berukuran kurang dari setapak kaki manusia. Memiliki banyak gigi tajam menyeramkan, dan gigi-gigi itu juga terdapat di bagian lidahnya. Meski penampilannya terlihat sangat menakutkan, ikan ini tidak pernah menyerang manusia, khususnya para penyelam di Laut Australia.

Gigi belut

Gigi belut tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Gigi yang terdapat pada hewan ini merupakan gigi yang sangat tajam. Gigi belut berukuran lebih tipis dari rambut manusia.

Gigi hiu purba 

Menurut pakar laut prasejarah, Carcharodon atau hiu purba merupakan hewan paling kuat dan ganas di zamannya. Ikan ini digambarkan memiliki gigi sebesar telapak tangan orang dewasa, dengan ukuran panjang tubuh 20 kaki.

Gigi siput 

Kamu pasti tidak menyangka jika hewan kecil imut ini mempunyai ribuan gigi di mulutnya, namun bentuk gigi ini tidak keras dan tajam. Ribuan gigi ini terdapat pada pita lidahnya, yang berfungsi untuk menggiling dan menyaring makanan.

Gigi piranha 

Ikan Piranha adalah salah satu hewan paling terkenal yang memiliki gigi tajam dan terkuat. Dalam hitungan detik, sekelompok ikan ini mampu merobek dan memangsa hewan yang berukuran 10 kali tubuhnya.

Bahkan dalam suatu percobaan, seekor sapi dijatuhkan ke dalam kolam penuh ikan piranha, dan hanya dalam hitungan beberapa detik sapi tersebut tercabik-cabik dagingnya. Ikan ini juga dikenal paling rakus dan bersih dalam menghabiskan mangsa, hingga hanya tersisa tulang-tulangnya.

Gigi ular 

Ular berbisa memiliki gigi/taring berlubang, yang dapat menyimpan dan menginjeksi bisa (racun) ke tubuh mangsanya. Taring bagian atas dikhususkan untuk memberi racun kepada mangsa, sedangkan taring bawah bersifat menahan tubuh mangsa.

Taring itu hanya dikeluarkan ketika ular bersiap menyerang mangsa, atau dalam kondisi membela diri dan terancam dari pemangsa.

Gigi ikan sheepshead 

Gigi ikan ini terlihat mirip gigi yang terdapat pada mulut Manusia. Rangkaian gigi seri dan gigi geraham terdapat pada bagian atas dan bawah mulutnya. Gigi ini berfungsi untuk menghaluskan mangsanya, seperti kepiting biru, tiram, dan ikan kecil lainnya.

Bagi nelayan, ikan ini terkenal sebagai 'ikan pencuri' yang sering mencuri umpan pancingan nelayan tanpa terjerat kail pancing.

Gigi lumba-lumba 

Lumba-lumba dijuluki sebagai mamalia dengan senyum paling indah di dunia. Lumba-lumba yang terlihat selalu awet muda, kulit sehat, dan berwajah bahagia ini, sangat sulit dibedakan ukuran usianya, bahkan saat bersama induk dan anaknya.

Akhirnya, para ilmuwan dapat menentukan usia mereka melalui 'rahasia senyumnya'. Dan kini cukup dengan melihat gigi pada saat lumba-lumba tersenyum dapat ditebak umurnya.

Baca juga: Susu Kecoak Akan Menjadi Makanan Bergizi untuk Masa Depan

Related

Science 2287601785121470101
item