10 Musuh Terkuat yang Pernah Dihadapi Superman

10 Musuh Terkuat yang Pernah Dihadapi Superman

Naviri.Org - Pahlawan hebat juga menghadapi musuh-musuh yang sama hebat. Kenyataan itu juga terjadi pada Superman, sosok superhero dari planet Crypton yang hidup di bumi.

Sebagai superhero, Superman adalah sosok yang sangat kuat, bahkan dijuluki Man of Steel, yang mengilustrasikan kalau kekuatan tubuhnya sekuat baja. Dia mampu terbang, matanya mampu melihat tembus pandang, sementara tatapannya bisa membakar.

Dengan kekuatan luar biasa semacam itu, Superman pun menjadi sosok tangguh yang sulit dikalahkan. Tetapi, dia juga memiliki musuh-musuh yang tak kalah kuat, dengan kemampuan yang bahkan bisa membuat Superman kewalahan. Bahkan, dibanding para superhero lain, Superman adalah superhero dengan jumlah musuh terbanyak dan berbahaya.

Di antara banyak musuh Superman, berikut ini adalah sepuluh musuh yang dianggap paling kuat. Daftar berikut dimulai dari nomor 10 dan menuju ke nomor 1 yang merupakan musuh terkuat.

10. Metallo

Awalnya, Metallo adalah pencuri profesional bernama John Corben, yang diselamatkan oleh robot canggih bernama Emmet Vale, dari sebuah kecelakaan yang sangat mengerikan.

Tapi sayang, tubuh John Corben mengalami cedera sangat parah, dan tidak bisa diselamatkan lagi. Kemudian, Emmet Vale mengambil bagian tubuh paling penting dari tubuh John Corben, yaitu otaknya.

Setelah itu, otak John Corben difungsikan mengunakan tubuh robotik, yang secara tidak langsung mengubah John Corben menjadi robot. Istimewanya, sumber kekuatan robot ini adalah batu cryptonite.

Seperti yang diketahui, batu cryptonite adalah salah satu kelemahan Superman. Selanjutnya, dengan batu cryptonite itulah robot John Corben mengubah namanya menjadi Metallo, dan dia menjadi salah satu musuh Superman yang kuat.

9. Parasite

Semula, Parasite adalah salah satu karyawan di laboratorium S.T.A.R, bernama Rudy Jones, yang berusaha menyelundupkan hasil percobaan gagal.

Dalam proses penyelundupan tersebut, tanpa disengaja Rudy Jones menumpahkan hasil percobaan tersebut ke tubuhnya. Setelah itu, Rudy Jones berubah seperti parasit yang harus menyerap tenaga dan kekuatan mahkluk hidup lain, agar bisa tetap hidup.

Setelah berubah menjadi Parasite, Rudy Jones secara rutin menyerap tenaga dan kekuatan mahkluk lain, untuk bertahan hidup. Kemudian, dia mengincar Superman yang memiliki kekuatan sangat besar.

Walau begitu, Parasite juga memiliki kelemahan. Saat dia berhasil menyerap kekuatan makhluk lain, maka kelemahan mahkluk yang diserapnya tersebut juga akan menjadi kelemahannya.

8. Toyman

Toyman adalah seorang bocah genius bernama asli Hiro Okamura, yang jatuh cinta pada seorang gadis cantik. Tapi sayang, gadis yang dicintainya justru jatuh cinta kepada Superman.

Kemudian, dengan keahliannya, bocah genius yang memiliki hubungan dekat dengan Lex Luthor ini menciptakan beberapa robot pembunuh yang kejam, untuk menghancurkan Superman yang dianggap merusak hubungannya dengan gadis yang dicintainya.

7. Bizarro

Bizarro adalah musuh Superman yang mirip sekali dengan Superman, bahkan dia juga memiliki tanda ”S“ di dadanya. Bizarro adalah perwujudan sebuah eksperimen gagal yang akhirnya membuat kekacauan di dunia.

6. Mongul

Mongul adalah musuh Superman, yang berasal dari luar angkasa. Mongul datang ke bumi setelah mengalami evolusi di planet asalnya, dan dia membawa zat berbahaya yang bisa menginfeksi manusia di bumi.

5. Mr. M

Sosok Mr. Mxyzptlk, atau sering disebut Mr. M, mirip salah satu musuh Batman, yaitu Joker. Sebab di balik tingkahnya yang lucu dan menggelikan, ia juga pintar, dan bisa merepotkan Superman serta kawan-kawannya.

4. Lex Luthor

Musuh Superman yang juga sangat kuat adalah Lex Luthor. Dalam beberapa versi, baik animasi maupun layar lebar, Lex Luthor digambarkan sebagai sosok yang bisa mengalahkan Superman dengan kegeniusannya.

Jadi tidak heran jika banyak pengemar Superman menganggap Lex Luthor sebagai musuh abadi Superman. Lex Luthor juga muncul di film Batman v Superman: Dawn of Justice, dan membuat Superman, Batman, serta Wonder Woman, kewalahan menghadapi monster ciptaannya, Doomsday .

3. Doomsday

Doomsday adalah musuh terkuat Superman. Bahkan, dalam beberapa versi, Doomsday adalah satu-satunya musuh yang secara teknis berhasil mengalahkan Superman.

Doomsday adalah monster terkuat di dunia, yang merupakan hasil percobaan gagal asal planet Krypton. Awalnya dia ditahan di planet Krypton, sebelum akhirnya bisa melarikan diri ke planet bumi.

Karena memiliki masa lalu yang kelam di planet Krypton, Doomsday sangat benci dengan bangsa Krypton. Kemudian dia memburu sisa-sisa bangsa Krypton, dan salah satunya Superman.

Tapi di film Batman v Superman: Dawn of Justice, Doomsday lahir dari percobaan yang dilakukan Lex Luthor terhadap jasad Jenderal Zod. Dalam film ini, Doomsday digambarkan sangat kuat, dan sangat merepotkan 3 superhero sekaligus, yaitu Superman, Wonder Woman, dan Batman.

2. Brainiac

Ada lagi musuh Superman yang kuat dengan teknologi tinggi dan canggih, seperti Metallo, yaitu Brainiac. Awalnya, Brainiac adalah pemberontak di planet Colu, dengan nama Vril Dox.

Rencana pemberontakannya gagal, dan Vril Dox diancam hukuman mati. Tapi, berkat teknologi canggih dan kegeniusan yang dimiliki Vril Dox, akhirnya dia berhasil menyimpan pikirannya di sebuah jaringan komputer.

Kemudian, pikiran yang tersimpan di jaringan komputer tersebut berhasil sampai ke bumi, mencari manusia untuk dijadikan inangnya. Dan seorang manusia bernama Milton Fine menjadi korbannya.

Sejak itulah, dia menamai dirinya dengan sebutan Brainiac. Berkat kegeniusannya, teknologi Brainiac pun berkembang menjadi sebuah android, dan namanya berubah mengiringi perkembangannya, seperti Brainia 2.5 dan Brainiac 13.

1. Darkseid

Inilah musuh Superman terkuat dan sangat sulit dikalahkan, yaitu Darkseid. Saking kuatnya, banyak pengemar film superhero yang menyejajarkannya dengan Thanos di film Guardians of the Galaxy.

Bisa dikatakan bahwa Darkseid adalah dewa dari planet Apokolips. Tapi Darkseid tidak digambarkan sebagai dewa yang baik, namun sangat terobsesi kekuasaan.

Berbeda dengan Thanos yang sangat terobsesi menghancurkan planet-planet bersama isinya, Darkseid lebih ingin menaklukkan planet-planet, kemudian memperbudak penghuni-penghuni planet tersebut.

Dalam beberapa edisi komik, Darkseid beberapa kali berhadapan dengan Justice League, yang berusaha melindungi bumi dari ambisinya yang ingin menaklukkan bumi dan menjadikannya sebagai salah satu planet jajahan.


Related

Film 4133747990360789915

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item