10 Serangga Paling Aneh dan Mengerikan di Dunia

 10 Serangga Paling Aneh dan Mengerikan di Dunia

Naviri Magazine - Di antara jenis hewan lain, serangga adalah spesies yang jumlahnya sangat banyak, dan bisa dibilang hidup di wilayah mana pun. Nyaris tidak ada tempat di muka bumi yang tidak didiami serangga. Bahkan hewan-hewan ini ada yang hidup di tempat-tempat yang tak terbayangkan.

Serangga adalah hewan dengan spesies paling kompleks sekaligus banyak di dunia. Karenanya, para ilmuwan pun menyadari betapa sulit untuk dapat mengidentifikasi seluruh jenis serangga secara benar dan tepat. Meski begitu, ada jenis-jenis serangga yang dikenal aneh dan mengerikan, khususnya terkait wujud mereka. Berikut ini sepuluh di antaranya.

Giant water bug

Jika diterjemahkan, berarti kutu air raksasa. Giant water bugs adalah serangga besar dari family belostomitedae yang hidup di air tawar. Ukurannya cukup besar, dengan penampilan seram, memiliki 2 buah penjepit yang besar dan kuat. Ketika memburu mangsa, hewan ini menyerang secara mengejutkan.

Leafhopper

Leafhopper merupakan serangga yang sekilas mirip belalang, namun mereka spesies yang berbeda. Hewan ini sering ditemukan melekat pada tumbuhan, untuk menyedot cairan penting tumbuhan tersebut. Hewan ini termasuk hama yang menyebalkan, karena mampu membuat tanaman menjadi mati.

Titan beetle

Jika diterjemahkan, berarti kumbang raksasa. Sebutan itu bukan tanpa alasan, mengingat ukuran kumbang ini begitu besar, yaitu sepanjang telapak tangan orang dewasa.

Titan beetle merupakan jenis kumbang paling besar dari semua spesiesnya, dengan ukuran tubuh mencapai 6,6 inci. Hewan ini memiliki rahang kuat yang mampu mematahkan pensil.

Filbert weevil

Serangga aneh ini memiliki moncong yang panjang, serta bentuk tubuh yang tidak biasa, yang menunjukkan karakteristik khusus pada dirinya. Hewan ini cukup agresif dan berbahaya, mereka biasanya mengonsumsi biji pohon ek.

Australian walking stick

Sekilas, serangga ini mirip belalang sembah, namun mereka spesies yang berbeda. Serangga ini hidup di pepohonan hutan Australia, dengan dedaunan sebagai makanan utama.

Untuk menyokong hidupnya, serangga ini memiliki gerigi dan kuku-kuku tajam di sekitar kaki, untuk memudahkannya memanjat dan berjalan di pepohonan. Warnanya yang cokelat dan seirama dengan warna pohon, membantunya dalam proses kamuflase.

Giant weta

Giant weta adalah sejenis jangkrik yang tidak bersayap, dan memiliki tubuh yang jauh lebih besar dari jangkrik pada umumnya. Weta dewasa memiliki panjang tubuh 4 inci dan berat 35 gram, yang membuat mereka tidak bisa melompat atau bergerak cepat.

Hummingbird moth

Hewan ini termasuk yang paling unik dan aneh, sekilas mirip humming bird atau  burung kolibri, namun sebenarnya kumbang yang mirip burung kolibri. Hhewan ini ditemukan di selatan Eropa dan utara Afrika, mereka terbang di sekitar bunga untuk menghisap dengan moncongnya yang panjang.

Assassin bug

Hewan ini memiliki jenis spesies yang cukup banyak, serta tersebar di seluruh dunia. Sesuai namanya, assassin, yang berarti ‘pembunuh’, hewan ini memang melakukan serangan mengejutkan, kemudian membunuh korbannya secara cepat meski berukuran lebih besar darinya.

Hercules beetle

Kumbang ini memiliki tanduk yang panjang serta bentuk unik. Dengan karakteristik tersebut, hercules beetle merupakan kumbang dengan tubuh terpanjang di dunia, dengan total panjang 18 cm. Hewan ini merupakan hewan asli Amerika Tengah.

Selain tanduk yang unik, hewan ini juga sangat kuat. Mereka mampu mengangkat beban seberat 850 kali dari tubuhnya sendiri.

Scorpion fly

Disebut scorpion fly, karena hewan ini memiliki tubuh yang mirip kalajengking, terutama di bagian ekor yang melingkar pada ujungnya. Meski memiliki kemiripan dengan ekor kalajengking, namun hewan ini tidak mampu menyengat seperti kalajengking.

Baca juga: Seekor Gagak Mencuri Kartu Kredit untuk Membeli Tiket 

Related

Animals 6985612482359312628

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item