Seperti Manusia, Ternyata Ada Siput yang Kidal

Seperti Manusia, Ternyata Ada Siput yang Kidal

Naviri Magazine - Di Jepang, ada spesies siput yang disebut satsuma. Di dalam habitatnya, siput-siput itu memiliki ciri sebagaimana umumnya siput lain. Namun, diketahui ternyata ada siput satsuma yang kidal.

Jika kidal pada manusia dinilai dari tangan mana yang lebih aktif digunakan, siput kidal dinilai dari cangkangnya. Siput satsuma yang kidal tersebut memiliki alur lingkaran cangkang yang berlawanan arah jarum jam, sementara siput satsuma umumnya memiliki alur cangkang yang sebaliknya.

Selain itu, siput yang kidal juga memiliki posisi alat kelamin yang berbeda dengan siput normal, sehingga siput kidal tidak bisa kawin dengan siput normal. Yang lebih menyulitkan lagi, siput yang kidal juga lebih sulit ketika akan makan dibanding siput lain yang normal.

Masaki Hoso dari Tohoku University, Jepang, melakukan penelitian pada siput kidal itu untuk mengetahui manfaat evolusionernya. Dari penelitian itu, diperkirakan bahwa kekidalan pada siput tersebut sebagai upaya mekanisme pertahanan diri terhadap predasi.

Seperti Manusia, Ternyata Ada Siput yang Kidal

Baca juga: Misteri di Balik Hidung Panjang Kadal Pinokio

Related

Science 6063052789271926569
item