Fakta Atlet Olahraga, Antara Seks dan Vitalitas di Lapangan

Fakta Atlet Olahraga, Antara Seks dan Vitalitas di Lapangan

Naviri Magazine - Olahraga dan aktivitas seksual memiliki kesamaan, atau setidaknya kemiripan, yaitu keduanya sama-sama membutuhkan energi. Ketika seseorang melakukan hubungan seks, biasanya energinya akan terkuras. Jika setelah aktivitas seks tersebut ia diminta untuk berlaga di lapangan olahraga, dikhawatirkan vitalitasnya tidak sebaik biasanya, karena energinya memang sudah berkurang.

Karena alasan itu pula, kebanyakan atlet yang akan bertanding diminta untuk tidak melakukan hubungan seks. Meski begitu, diketahui ada atlet-atlet yang tetap menjalankan aktivitas seksnya, meski akan bertanding.

Jacqueline Howard, penulis kesehatan di CNN, pernah menulis soal seks bagi atlet. Dalam tulisan berjudul "The Myth of Sex and Athletic Performance, Finally Explained", Howard menjelaskan soal mitos yang melarang atlet untuk berhubungan seks, saat adanya kompetisi olahraga.

Namun, Howard menyebut, hanya sedikit riset tentang hubungan seks dan olahraga, itu pun yang diteliti adalah atlet laki-laki. Salah satu studi yang mengupas masalah ini adalah penelitian yang diterbitkan di Journal of Sport and Medicine, yang terbit pada 2000.

Dalam jurnal itu, disebutkan para peneliti menemukan bahwa aktivitas seksual tidak memiliki pengaruh terhadap atlet selama latihan dan tes mental. Pengaruh hanya terjadi pada atlet yang berhubungan seks dua jam sebelum menjalani pertandingan, yakni munculnya detak jantung yang lebih tinggi dari biasanya.

Hasil serupa dirilis dalam studi di jurnal Frontier in Physiology yang terbit pada Juli 2016. Dalam studi tersebut para peneliti menyimpulkan “data yang tersedia tidak benar-benar mendukung kesalahpahaman bahwa aktivitas seks dapat menghasilkan efek negatif pada kinerja atlet.”

Howard kemudian mengatakan, atlet tak perlu khawatir tentang berhubungan seks. Hanya saja, yang perlu diingat, atlet harus punya fokus konsentrasi lebih saat bertanding. Seks bisa mengganggu pertandingan karena ada kemungkinan seks mengganggu istirahat atlet sebelum bertanding.

Untuk itu, Howard, dengan mengutip David Bishop, seorang peneliti olahraga di Melbourne University, lebih menyarankan atlet untuk tak berhubungan seks jika itu akan mengganggu tidur mereka.

Baca juga: 10 Fakta Unik Piala Dunia yang Diingat Sepanjang Masa

Related

Sports 8456302129416352734

Recent

item