Burma, Negara dengan Biaya Internet Paling Mahal di Dunia

Burma, Negara dengan Biaya Internet Paling Mahal di Dunia

Naviri Magazine - Sebagai kanal kebebasan yang memungkinkan siapa pun untuk terhubung dengan dunia luas, pemerintah Burma menyadari bahwa internet bisa menjadi sarana warganya untuk melakukan subversi, di antaranya menyurakan kondisi Burma kepada dunia.

Karena latar belakang itu, pemerintah diktator Burma pun menggunakan taktik yang cerdik tapi juga licik, yaitu menetapkan biaya akses internet yang luar biasa mahal untuk semua penduduknya.

Pemerintah militer Burma sangat ketat mengawasi warganya dalam hal akses internet. Selain memblokir banyak situs yang mereka anggap “berbahaya”, pemerintah juga mengenakan harga sangat mahal untuk mengakses internet.

Sebegitu mahal, hingga banyak pengusaha di sana yang memilih untuk tidak menggunakan internet, sementara warga biasa menjauh dari internet karena tidak mampu membayar biayanya.

Meski begitu, masih ada orang-orang yang mencoba untuk tetap mengakses internet, khususnya para jurnalis. Keberadaan para jurnalis di internet tentu diawasi dengan ketat oleh pemerintah Burma. Tulisan-tulisan yang dianggap subversif bisa dijatuhi hukuman 15 tahun penjara bagi penulisnya.


Related

World's Fact 5918620513671504560

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item