Seperti Manusia, Burung Ternyata Juga Pintar Menguping

 Seperti Manusia, Burung Ternyata Juga Pintar Menguping

Naviri Magazine - Menguping adalah aktivitas mendengarkan percakapan orang lain, tanpa kita ikut ke dalam percakapan mereka. Menguping, tentu saja, bukan kebiasaan baik, khususnya di dunia manusia, karena perilaku itu dianggap tidak beretika. Namun, ternyata, yang punya kemampuan menguping bukan hanya manusia, tapi juga hewan, khususnya bangsa burung.

Burung memiliki kemampuan yang sangat baik dalam “menguping” atau mendengarkan isyarat panggilan 'alarm' dari burung-burung lainnya. Bahkan mereka juga belajar mengenai apa yang terjadi, tanpa melihat kawanannya atau predator terlebih dahulu.

Andy Radford, seorang profesor dari University of Bristol, yang mempelajari perilaku ekologi, menyebutkan masing-masing spesies burung memiliki bahasanya sendiri. Seperti halnya bahasa yang digunakan manusia, terdapat beberapa jenis bahasa yang memiliki kemiripan, namun ada pula yang sangat berbeda, meskipun pada dasarnya mengandung makna yang serupa.

Selain memiliki bahasa sendiri, kelompok burung juga menangkap bahasa dari spesies lain, khususnya mereka belajar untuk mendeteksi bahaya dengan menguping panggilan 'alarm' dari burung-burung lainnya.

Radford dan rekannya mencoba mempelajari bagaimana proses belajar yang terjadi pada burung, dengan melakukan eksperimen terhadap jenis burung Fairy Wren (cikrak peri agung), salah satu burung yang khas Australia bagian Tenggara.

Mereka menggunakan panggilan 'alarm' yang tidak familier bagi burung bertubuh mungil tersebut. Percobaan pertama diketahui tidak menghasilkan respons pada burung cikrak.

Selanjutnya, para peneliti mengombinasikan panggilan tersebut dengan suara-suara yang mampu dikenali burung dari keluarga Maluridae. Hasilnya, setelah pelatihan terhadap burung ini dilakukan, suara yang awalnya tidak familier, menjadi mampu dikenali. 

Baca juga: Fakta Mencengangkan di Balik Cara Lalat Makan

Related

Science 6124217188582534931

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item