Mengapa Beberapa Burung Memiliki Paruh Bengkok?

Mengapa Beberapa Burung Memiliki Paruh Bengkok?

Naviri Magazine - Paruh bengkok yang dimiliki beberapa jenis burung memiliki fungsi untuk menangkap dan mencabik-cabik mangsanya.

Rajawali adalah salah satu jenis burung yang memiliki paruh bengkok. Selain itu, elang, burung pemakan bangkai, dan burung hantu, juga memiliki paruh semacam itu, karena membutuhkan cengkeraman yang kuat ketika bertarung dengan hewan yang menjadi mangsanya, dan kemudian mencabik-cabik si mangsa sebelum memakannya.

Ujung paruh elang berfungsi seperti sepasang gunting, sehingga ia dapat memotong-motong kulit dan daging mangsa. Sedangkan burung camar memiliki pengait yang tajam pada ujung paruhnya, untuk memegang ikan atau cumi-cumi yang licin.

Apakah burung dapat mengubah bentuk paruhnya?

Ya. Burung penangkap kerang memiliki paruh yang pendek dan tumpul ketika baru dilahirkan dan makanannya masih berupa tiram dan remis.

Beberapa minggu kemudian, burung tersebut dapat mengubah paruhnya menjadi panjang dan sempit ketika makanannya berubah menjadi cacing dan mangsa lain yang halus.

Baca juga: Jangan Kaget, Ada Makhluk Berkaki 8 yang Hidup di Wajah Kita

Related

Science 8028396899993262800

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item