Fakta Menakjubkan di Balik Cara Cacing Bernapas

Fakta Menakjubkan di Balik Cara Cacing Bernapas

Naviri Magazine - Untuk bernapas, sebagian besar cacing bernapas menggunakan permukaan tubuhnya, misalnya anggota filum Platyhelminthes, yaitu Planaria, dan anggota filum Annelida, yaitu cacing tanah (Pheretima sp.).

Namun, beberapa Annelida bernapas dengan insang, misalnya Annelida yang hidup di air. Polychaeta (golongan cacing berambut banyak), bernapas menggunakan sepasang porapodia yang berubah menjadi insang.

Pada Planaria, O2 yang terlarut dalam air berdifusi melalui permukaan tubuhnya. Begitu pula dengan pengeluaran CO2. Pada cacing tanah, O2 berdifusi melalui permukaan tubuhnya yang basah, tipis, dan memiliki pembuluh-pembuluh darah.

Selanjutnya, O2 diedarkan ke seluruh tubuh oleh sistem peredaran darah. Sedang CO2 sebagai sisa pernapasan dikeluarkan dari jaringan oleh pembuluh darah, kemudian keluar melalui permukaan tubuh secara difusi.

Permukaan tubuh cacing tanah selalu basah. Hal itu berfungsi untuk mempermudah proses difusi O2 melalui permukaan tubuhnya.


Related

Science 6599552879183601741

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item