Bagaimana Cara Ikan Berenang dan Berbelok Dalam Air?

Bagaimana Cara Ikan Berenang dan Berbelok Dalam Air?

Naviri Magazine - Pada umumnya, ikan berenang dengan melengkungkan tubuh mereka, dan mengibas-ngibaskan ekor mereka dari sisi ke sisi. Tubuh dan ekor ikan mendorong melawan air, sehingga mereka bergerak maju.

Sirip dada, sirip punggung, dan sirip perut, membantu mereka mengarahkan gerakan dan membantu mereka untuk berhenti. Sementara organ berisi gas yang mereka miliki—disebut swim bladder—menjaga ikan tetap mengapung di air.

Bagaimana cara ikan berbelok?

Ikan berbelok dengan ekornya. Meski lehernya bisa dibilang tegak lurus, namun ikan dapat bergerak terarah, membelok, lurus, dan berputar, karena ekornya.

Ekor ikan adalah pengendali arah gerakan ikan, sedangkan siripnya berfungsi memberi energi dorongan untuk berenang. Ada beberapa jenis ikan yang tidak memiliki sirip, atau siripnya sangat kecil, sehingga gerakan ekornya juga berfungsi sebagai pemberi dorongan untuk melaju atau berenang.

Baca juga: Fakta-fakta Ajaib dan Mencengangkan Seputar Capung

Related

Science 3277856586043862031

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item