Coalbrookdale Bridge, Jembatan Besi Pertama di Dunia

Coalbrookdale Bridge, Jembatan Besi Pertama di Dunia

Naviri Magazine - Di masa lalu, jembatan dibangun dari batu dan balok kayu, yang tersedia dalam jumlah besar. Sampai kemudian revolusi industri mulai mengenalkan penggunaan logam untuk pembangunan jembatan, dan sejak itu logam mulai menggantikan balok dan kayu.

Besi atau logam digunakan karena jauh lebih kuat dan secara keseluruhan biayanya lebih murah. Karenanya, sejak itu, jembatan yang dibuat dari kayu atau batu semakin lama semakin berkurang.

Jembatan logam pertama kali dibangun di Inggris pada tahun 1779, yang dinamai Jembatan Coalbrookdale, dan dirancang oleh Thomas Pritchard dan dibangun oleh Andrew Darby.

Jembatan itu membentang di atas sungai Severn, dan menjadi jembatan pertama yang seluruhnya dibuat dari besi. Jembatan itu memiliki bentangan hampir 100 kaki atau 30 meter, melintasi sungai dalam bentuk setengah lingkaran yang nyaris sempurna.

Baca juga: Golden Gate, Jembatan Paling Terkenal di Dunia

Related

World's Fact 6319124813637561105

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item