Apakah Dinosaurus di Zaman Purba Juga Kentut?

Apakah Dinosaurus di Zaman Purba Juga Kentut?

Naviri Magazine - Kentut atau buang angin adalah fenomena biasa dalam kehidupan manusia. Sepertinya kita bisa memastikan bahwa orang-orang yang hidup ribuan tahun lalu juga kentut atau buang angin, sebagaimana orang-orang yang hidup di zaman sekarang.

Lalu bagaimana dengan hewan-hewan? Beberapa hewan memang diketahui kentut, misalnya sapi, yang terkenal karena kentut sapi dianggap sebagai salah satu masalah dalam pemanasan global. Tapi bagaimana dengan hewan-hewan lain? Apakah gajah juga kentut? Bagaimana dengan badak? Bahkan, jika ditarik ke masa jutaan tahun lalu, apakah dinosaurus juga kentut?

Berawal dari sebuah pertanyaan apakah ular juga bisa kentut, Dani Rabbioti, seorang mahasiswa doktoral di Zoological Society of London, dan rekannya Nick Caruso, ahli ekologi di Virginia Tech, melakukan penelitian tentang kentut di dunia binatang.

Mereka menuliskan hasilnya dalam sebuah buku berjudul Does it Fart? A Definitive Field Guide to Animal Flatulence. Buku setebal 133 halaman itu mengungkap banyak hal yang belum diketahui tentang perilaku hewan, khususnya masalah kentut hewan, termasuk dinosaurus.

"Masih banyak yang tidak kita ketahui tentang kentut, atau banyak aspek lain tentang biologi," kata Caruso, dikutip dari Vox.

Jadi, apakah dinosaurus kentut?

Semua orang tahu bahwa dinosaurus pernah menjadi penguasa di bumi ini pada masa lalu. Namun, apakah mereka bisa kentut? Peneliti tidak yakin 100 persen, tetapi berikut penjelasan mereka.

Ambillah burung zaman sekarang sebagai contoh. Burung yang diyakini adalah hasil evolusi dinosaurus, secara umum tidak mengeluarkan kentut karena kekurangan bakteri di perut untuk membentuk gas.

Namun, patut diingat bahwa dinosaurus sangat beragam. Ada pemakan daging seperti Tyrannosaurus yang menakutkan, dan ada raksasa seperti Sauropoda yang hanya memakan tumbuhan. “Hewan-hewan itu mungkin dulu kentut, tapi sekarang tidak mungkin lagi,” kata Rabiotti.

Baca juga: Mengapa Kebanyakan Ikan Bertubuh Ramping dan Berwarna Cerah?

Related

Science 4357929514720586705

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item