Fakta-fakta Unik dan Mencengangkan Seputar Cacing

 Fakta-fakta Unik dan Mencengangkan Seputar Cacing

Naviri Magazine - Cacing tidak memiliki mata, telinga, ataupun hidung. Artinya, cacing tidak bisa melihat, tidak bisa mendengar, juga tidak bisa membaui. Tetapi, meski begitu, cacing memiliki indera sentuh yang sangat tajam atau sensitif.

Melalui indera sentuhnya, cacing bisa mengetahui perbedaan antara keras dan lunak, panas dan dingin, juga dapat membedakan terang dan gelap.

Bahkan, tanpa mata, telinga, dan hidung, cacing bisa menembus lorong-lorong gelap dalam tanah dan mendapatkan daun-daun busuk yang menjadi makanannya.

Bagaimana cacing tanah merangkak?

Cacing tanah merangkak dengan cara memanjangkan bagian depan tubuh, dan mendorongnya melewati tanah. Selanjutnya, cacing akan menarik bagian belakang tubuhnya ke depan.

Dinding tubuh cacing memiliki dua jenis otot yang digunakan untuk merangkak, yaitu otot lingkar dan otot longitudinal.

Otot lingkar berfungsi untuk memperkecil dan memperbesar tubuh cacing, sementara otot longitudinal berfungsi untuk memanjangkan dan memendekkan tubuh cacing. Pada tubuh cacing juga terdapat bulu-bulu, dan bulu-bulu itu mencegah cacing tergelincir.

Baca juga: Mengapa Ayam Jantan Suka Berkokok, dan Apa Tujuannya?

Related

Science 4687309033363229018

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item