Film-film Bagus Tentang Gladiator dan Romawi Kuno

 Film-film Bagus Tentang Gladiator dan Romawi Kuno

Naviri.Org - Romawi adalah bangsa atau kerajaan terkenal di zaman kuno, yang pernah menjadi bagian peradaban penting umat manusia. Di Romawi, tokoh-tokoh besar lahir dan hidup, berbagai ilmu pengetahuan diwariskan turun temurun, dan kekayaan serta kekuasaan besar menjadikan Romawi sebagai salah satu penguasa dunia. Selain itu, Romawi juga memiliki “olahraga” yang unik namun mematikan, bernama gladiator.

Perpaduan antara Romawi dan gladiator kemudian menjadi tema yang tak pernah usang untuk diangkat ke layar lebar. Dari waktu ke waktu, terus lahir film-film yang mengisahkan tentang sejarah Romawi atau kisah-kisah terkait gladiator. Berikut ini adalah sembilan film bagus yang berkisah tentang gladiator dan Romawi kuno, yang menarik untuk ditonton.

Gladiator (2000)

Maximus adalah jenderal Romawi yang sangat kuat dan dicintai rakyatnya. Karena kesetiaan dan kebaikan Maximus, Kaisar Romawi sangat percaya kepada Maximus, dan mewariskan takhta kepada Maximus sebelum ia meninggal. Hal itu membuat anak sang Kaisar yang bernama Commodus menjadi cemburu, dan membantai seluruh keluarga Maximus. Meski sangat kuat dan tak terkalahkan, tapi Maximus tidak bisa menyelamatkan keluarganya sendiri.

Akhirnya, Maximus ditangkap dan dimasukkan ke dalam pertandingan Gladiator, dan harus bertarung sampai mati. Ia bertekad untuk berjuang dan mengalahkan seluruh lawannya, sampai menjadi yang terhebat dan mencapai puncak panggung gladiator, demi membalaskan dendam keluarganya, dan menggulingkan seluruh kerajaan Roma.

Spartacus: War of the Damned (TV Series)

Bercerita tentang gladiator Thracian Spartacus, yang memimpin pemberontakan budak melawan Republik Romawi. Spartacus dijatuhi hukuman mati sebagai gladiator, sementara istrinya, Sura, diperbudak seumur hidup.

Spartacus, bagaimana pun, terbukti sebagai gladiator hebat, dan mengalahkan keempat gladiator yang bertugas mengeksekusinya. Dia menjadi gladiator favorit warga Roma, yang membuat Senator Albinius mengubah hukuman mati Spartacus menjadi budak seumur hidup.

Spartacus dibeli oleh Batiatus untuk pelatihan gladiator. Ia berjanji untuk membantu Spartacus menemukan istrinya, jika dia membuktikan dirinya sebagai gladiator yang hebat dalam pelatihan.

Rome (TV Series)

Drama sejarah Inggris ini bercerita tentang perjalanan Republik Romawi menuju ke kerajaan otokratis, yang mengubah sejarah dunia melalui perang saudara dan perang penaklukan.

Kisah dalam film digambarkan dari sudut pandang seorang aristokrat bernama Julius Caesar dan keluarganya, serta penerusnya yang diadopsi, Octavian Augustus, dan sekutu politik serta musuh. Ada juga sudut pandang naif politik beberapa orang Romawi biasa, terutama tentara Lucius Vorenus dan Titus Pullo dan keluarga mereka.

Spartacus: Gods of the Arena (TV Series)

Sebelum kisah legenda Spartacus dimulai, dan sebelum Spartacus mengalahkan lawannya yang pertama di arena, ada banyak gladiator yang datang melewati gerbang arena.

Spartacus: Gods of the Arena menceritakan Juara asli dari Batiatus, bernama Gannicus. Masa itu adalah masa-masa paling sulit dan kejam sebelum kedatangan Spartacus. Tapi di situlah kehormatan dijunjung tinggi dan diperjuangkan sebagai sesuatu yang sangat berharga melebihi segala-galanya.

Centurion (2010)

Di Inggris, tahun 117 Masehi, sekelompok prajurit dan tentara Romawi memperjuangkan hidup mereka di belakang garis musuh, setelah legiun mereka hancur dalam serangan gerilya. Hanya Quintus Dias satu-satunya yang selamat dari serangan Pictish di sebuah benteng perbatasan Romawi.

Ia bergerak ke utara dengan Legiun Kesembilan yang legendaris milik Jenderal Virilus, dan diberi perintah untuk menyerang Picts, dan memusnahkannya dari muka bumi, serta menghancurkan pemimpin mereka, Gorlacon.

The Eagle (2011)

Pada tahun 140 Masehi, dua puluh tahun setelah hilangnya seluruh Legiun Kesembilan yang legendaris di pegunungan Skotlandia, seorang perwira muda bernama Marcus Aquila (Channing Tatum) tiba dari Roma untuk memecahkan misteri tersebut dan mengembalikan reputasi ayahnya, sang Komandan Kesembilan.

Hanya ditemani seorang budak bernama Esca (Jamie Bell), Marcus berpetualang mengelilingi Tembok Hadrian ke dataran tinggi yang belum dipetakan di Caledonia. Di sana ia harus menghadapi berbagai suku biadab, berdamai dengan masa lalunya, dan menemukan lencana emas legiun yang hilang, yaitu Elang Kesembilan.

The Last Legion (2007)

Saat kekaisaran Romawi runtuh, Romulus Augustus yang masih muda melarikan diri dari kota, dan memulai perjalanan berbahaya ke Inggris untuk melacak legiun pendukung.

Ben-Hur (2016)

Di zaman ketika Yesus masih ada di dunia, ada seorang pangeran yang hidup bahagia bernama Judah Ben-Hur. Tapi kebahagiaannya sirna saat ia difitnah, dan dikirim menjadi budak selama lima tahun.

Setelah mengarungi lautan dan menghadapi berbagai rintangan, Judah Ben-Hur akhirnya bisa bebas dan kembali ke Yerusalem. Ia memutuskan untuk melakukan balas dendam melawan kerajaan Roma melalui cara yang sangat unik, yaitu dengan mengikuti olahraga berdarah paling bergengsi di Roma, balapan kereta kuda. Selain itu, Judah juga harus mencari keluarganya yang telah lama hilang.

Judah bersumpah akan menuntut keadilan terhadap perwira yang telah menghancurkan hidupnya. Ia bernama Messalla, yang merupakan saudara Judah sendiri. Akan tetapi, sejak bertemu Yesus, hidup Judah berubah total. Balas dendam yang ia cari, berakhir dengan penebusan.

Pompeii (2014)

Berlatar tahun 79 Masehi, Pompeii menceritakan kisah epik Milo (Kit Harington), seorang budak yang menjadi gladiator tak terkalahkan, yang harus berpacu melawan waktu untuk menyelamatkan cinta sejatinya, Cassia (Emily Browning).

Cassia adalah putri cantik, anak pedagang kaya yang telah bertunangan dengan seorang Senator Romawi yang korup. Saat Gunung Vesuvius meletus dan mengeluarkan lahar menyala, Milo harus berjuang untuk keluar dari arena, dan menyelamatkan kekasihnya saat Pompeii yang hebat hancur di sekelilingnya.

Baca juga: 8 Film yang Akan Membantumu Cepat Move On

Related

Film 3701403977624444510

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item