Gottlieb Daimler, Tokoh Penting Otomotif dari Jerman

 Gottlieb Daimler, Tokoh Penting Otomotif dari Jerman

Naviri Magazine - Dilahirkan pada 17 Maret 1834, Gottlieb Wilhelm Daimler adalah penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman.

Pada tahun 1872, Daimler mengawali karirnya dengan bekerja pada Nikolaus August Otto, yang juga seorang penemu dan pelopor dalam bidang otomotif. Sepuluh tahun kemudian, pada 1882, ia keluar dan mendirikan perusahaan sendiri, dan berambisi memproduksi mesin untuk sepeda motor.

Satu tahun setelah itu, pada 1883, Daimler berhasil menciptakan mesin yang menggunakan tenaga (bahan bakar) bensin. Dua tahun kemudian, pada 1885, sepeda motor pertama pun lahir ke dunia setelah Daimler berhasil memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang didesainnya sendiri.

Sepeda tersebut memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan. Sejak itu beberapa model sepeda motor di perkenalkan di Jerman, Prancis dan Inggris, dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya sebagai alat transportasi.

Kemudian, pada 1890, ia berhasil mengembangkan mesin dengan pembakaran internal. Penemuannya tersebut memberikan sumbangan besar dalam industri otomotif. Pada tahun 1890 pula, Daimler bersama Karl Friedrich Benz mendirikan Daimler Motor Company (DMC) yang sampai sekarang menjadi perusahaan mobil berskala internasional.

Dua puluh empat tahun setelah kematian Gottlieb Wilhelm Daimler, manajemen DMC menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie milik Karl Friedrich Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz.

Gottlieb Daimler meninggal dunia pada 6 Maret 1900.

Baca juga: Fakta Unik Arthur Conan Doyle, Sosok di Balik Sherlock Holmes

Related

Insight 4056894553720531872

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item