Hewan-hewan Paling Romantis Dalam Memikat Pasangannya

 Hewan-hewan Paling Romantis Dalam Memikat Pasangannya

Naviri Magazine - Ketika seorang pria tertarik pada wanita, biasanya si pria akan melakukan berbagai upaya demi mendapatkan perhatian si wanita. Jika si wanita menunjukkan ketertarikan, mereka pun lalu memutuskan untuk menjalin hubungan, dan biasanya berlanjut sampai perkawinan.

Hal serupa terjadi di dunia hewan. Ketika hewan jantan tertarik pada betina, mereka akan melakukan berbagai upaya untuk menarik perhatian si betina, hingga betina juga tertarik kepadanya. Lalu mereka akan kawin. Dalam hal itu, ada hewan-hewan yang tergolong “romantis” dalam memikat lawan jenisnya, dan berikut ini di antaranya.

Kalajengking

Saat memikat pasangannya, kalajengking biasanya akan mengajak berdansa dan menari. Mereka akan berputar-putar ke sana kemari, bahkan lebih dari dua jam. Dansa itu akan berakhir, jika si betina berhasil dipikat dan dibuahi si jantan. Dan karena sudah diterima cintanya, si jantan akan merelakan hidupnya demi pasangannya.

Agar anak-anak mereka mendapatkan gizi yang cukup, si betina kemudian akan memakan tubuh si jantan hingga habis.

Jangkrik

Hewan ini biasa hidup di dalam tanah, dan aktif di malam hari. Dari kaki-kakinya keluar suara merdu yang bisa terdengar hingga 500 meter jauhnya.

Pada musim kawin, jangkrik akan memainkan suara untuk memikat pasangannya. Dari sore hingga nyaris pagi hari, mereka akan menggerakkan kaki dan menggosokkannya, hingga terdengar suara-suara yang merdu.

Uniknya lagi, sayap jangkrik juga akan bergetar sebagai amplifier, yang akan membuat suara yang dimainkannya bernada indah dan seimbang.

Lalat buah

Sekalipun mengganggu, lalat buah ini ternyata menjadi pasangan yang romantis saat musim kawin. Sama seperti jangkrik, lalat buah juga salah satu hewan yang berperan sebagai musisi, dan menarik perhatian pasangan melalui alunan suara yang dibuatnya.

Lalat buah akan memulai ritual kawin dengan memainkan suara-suara indah, yang dihasilkan melalui kepakan sayapnya.

Selama usaha memikat hati pasangan, lalat buah akan mengikuti ke manapun si lalat betina pergi. Sepanjang waktu tersebut, alunan suara indah akan terus dimainkan sampai si betina terpikat olehnya.

Nyamuk

Biasanya kita kesal kalau suara nyamuk berkeliaran di malam hari ketika kita sedang tidur. Tetapi siapa sangka, suara tersebut merupakan acara kawin mereka?

Saat saling memikat pasangan, sepasang nyamuk akan menari dan terbang bersama ke sana kemari. Mereka akan mengepakkan sayap bersama, demi menghasilkan nada-nada yang indah dan enak didengar pasangannya.

Kambing

Kambing punya cara yang tak kalah seru untuk menarik perhatian pasangannya. Mereka akan memakai ‘parfum’ khas buatan mereka sendiri.

Parfum tersebut tak lain berasal dari urin milik mereka, yang dipakai mandi serta berkumur. Diduga, aroma urin itu mengandung hormon yang dapat memikat dan meningkatkan gairah seksual kambing. Saat si betina sudah terpesona, kawin pun kemudian dimulai.

Antelop

Kalau pergi ke kebun binatang, kita akan melihat cantiknya hewan berkaki empat ini. Mirip rusa, antelop punya trik khusus untuk memikat pasangan.

Biasanya, si jantan akan berusaha memikat si betina, hingga ia merasa bosan. Dan saat mengetahui si betina akan pergi, si jantan akan berpura-pura telah melihat singa.

Cara ini membuat betina ketakutan, dan akan berusaha mencari perlindungan dengan selalu dekat dengannya. Kemudian, si jantan akan berpura-pura telah menemukan makanan, agar si betina tetap dekat dan tidak menjaga jarak.

Laba-laba

Laba-laba jantan harus terpaksa mengelabui pasangannya agar bisa menyelamatkan nyawanya sendiri. Ketika musim kawin, mereka akan mengeluarkan sejenis aroma yang mengandung feromon untuk memikat si betina.

Begitu si betina sudah dimabuk cinta, ia akan tak sadar sepanjang dikawini oleh si jantan. Sebenarnya, tindakan ini cukup cerdas, karena apabila dilakukan dalam kondisi sadar, si betina akan menyantap si laba-laba jantan.

Baca juga: Beberapa Hewan Mengandalkan Kentut untuk Bertahan Hidup

Related

Science 5447104441530812204

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item