Ikan Tidak Punya Telinga, Apakah Ia Bisa Mendengar?

 Ikan Tidak Punya Telinga, Apakah Ia Bisa Mendengar?

Naviri Magazine - Jika dilihat sepintas, ikan tidak memiliki telinga, atau setidaknya tidak ada telinga ikan yang terlihat. Namun, sesungguhnya, ikan juga memiliki telinga sebagaimana hewan lainnya. Hanya saja, telinga ikan tidak terlihat dari luar.

Jika manusia memiliki telinga luar, tengah, dan dalam, ikan hanya memiliki telinga dalam. Telinga ikan terletak di bagian dalam yang tertutup kulit luar kepalanya, dan telinga itu berada pada kedua sisi kepalanya.

Namun, meski berada di dalam, telinga ikan berfungsi dengan baik, dan pendengarannya sangat tajam sehingga dapat mendengar suara-suara yang terdengar di sekelilingnya.

Ketika ada suara-suara yang mengejutkannya, ikan biasanya akan segera menyelamatkan dirinya dengan menjauh dari sumber suara tersebut.

Bagi ikan, suara-suara yang terdengar itu dianggap ancaman bagi keamanan dirinya. Karena itu, biasanya ikan akan berenang menjauh ke dasar air, karena ia akan merasa aman berada di sana.

Baca juga: Mengapa Ular Menelan Mangsa Mereka Bulat-bulat?

Related

Science 18605259769397205

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item