Fakta di Balik Insang, Labirin, dan Sirip Punggung Ikan

 Fakta di Balik Insang, Labirin, dan Sirip Punggung Ikan

Naviri Magazine - Insang adalah alat pernapasan ikan. Setiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamen yang banyak mengandung lamela atau lapisan tipis. Pada filamen terdapat pembuluh darah yang mengandung kapiler, sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran gas O2 dan CO2, yang disebut inspirasi dan ekspirasi.

Inspirasi adalah masuknya O2 dari air ke dalam insang, yang kemudian diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan tubuh. Sedangkan ekspirasi adalah keluarnya CO2 dari jaringan bersama darah, menuju insang dan selanjutnya dikeluarkan dari tubuh.

Fungsi labirin pada tubuh ikan

Ikan yang hidup di tempat berlumpur memiliki labirin yang merupakan perluasan insang, berbentuk lipatan berongga yang tidak teratur. Labirin pada ikan berfungsi untuk menyimpan cadangan oksigen, sehingga ikan dapat bertahan pada kondisi kekurangan oksigen. Misalnya pada ikan lele dan ikan gabus.

Fungsi sirip punggung ikan

Sirip punggung adalah bagian sirip yang terletak pada punggung ikan, paus, juga lumba-lumba. Fungsi utama sirip punggung pada ikan adalah untuk keseimbangan mereka dan membantu dalam melakukan belokan mendadak di dalam air.

Sirip punggung dari beberapa jenis hewan juga telah berkembang untuk fungsi protektif, misalnya sebagai alat sengat atau bisa.

Banyak dari keluarga lele yang dapat mengunci sirip punggung dan mengulurnya untuk menakuti predator atau untuk menyelipkan diri ke celah-celah. Sirip punggung ikan sangat bervariasi dalam bentuk dan ukurannya.

Baca juga: Ikan Tidak Punya Telinga, Apakah Ia Bisa Mendengar?

Related

Science 5137410657417596316

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item