Mengapa Kebanyakan Ikan Bertubuh Ramping dan Berwarna Cerah?

 Mengapa Kebanyakan Ikan Bertubuh Ramping dan Berwarna Cerah?

Naviri Magazine - Kebanyakan makhluk hidup yang menjalani seluruh hidup mereka di laut—khususnya ikan—memiliki kulit yang licin dan bentuk tubuh yang ramping, untuk memudahkan mereka berenang.

Ikan memiliki bentuk tubuh dan ukuran yang berbeda-beda. Belut memiliki tubuh yang bulat memanjang dan ramping. Ikan pari memiliki bentuk tubuh yang pipih. Sementara ikan yang lain memiliki bentuk tubuh yang bulat, tetapi kebanyakan ikan memiliki bentuk tubuh yang ramping, untuk memudahkan mereka bergerak di dalam air.

Beberapa ikan yang lain, misalnya ikan layur dan ikan pecak, memiliki bentuk tubuh yang pipih, karena hidup di dasar laut. Bentuk tubuh mereka yang pipih tersebut memungkinkan mereka untuk meluncur dengan mudah di dasar laut, bersembunyi dan berdiam diri di sana, sambil menunggu hewan lain yang dapat dimangsa.

Mengapa sebagian ikan memiliki kulit cerah?

Banyak ikan yang hidup di laut tropis memiliki tubuh berwarna cerah atau warna yang berbintik-bintik, dan memiliki pola-pola tertentu. Pewarnaan semacam itu membantu mereka bersembunyi di antara karang yang berwarna-warni cerah di lautan, dan di antara bayangan-bayangan gelap.

Selain itu, warna cerah pada tubuh mereka juga membantu agar tampak menonjol ketika berada di permukaan laut yang terbuka. Pada musim kawin, ketika ikan-ikan itu mencari pasangan dan ingin diperhatikan, mereka berenang di tempat-tempat terbuka, sehingga terlihat sangat jelas.

Baca juga: Fakta Unik dan Tak Terduga di Balik Tanduk Rusa

Related

Science 2971885390372970108

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item