Fakta di Balik “Keindahan” Pria-pria Korea Selatan

 Fakta di Balik “Keindahan” Pria-pria Korea Selatan

Naviri Magazine - Korea Selatan sudah lama dikenal sebagai negara yang aktif dalam urusan operasi plastik. Operasi itu ditujukan untuk “memperindah” penampilan fisik, khususnya wajah. Hal itu tidak hanya dilakukan kaum wanita, namun juga kaum pria.

Karenanya, para pria Korea Selatan, khususnya yang terkenal sebagai artis, rata-rata memiliki paras menawan. Meski tentu saja tidak semua mereka melakukan operasi plastik demi terlihat tampan.

Data dari International Society of Aesthetic Plastic Surgery pada tahun 2011 menunjukkan, Korea Selatan menempati posisi pertama dalam proporsi penduduk yang melakukan operasi plastik. Selain itu, dari total 21 triliun dolar AS hasil market operasi plastik secara global, lima triliunnya dihasilkan oleh Korea Selatan. Angka yang didapat dari Fair Trade Commission Republic of Korea ini menegaskan, 24 persen operasi dunia dilakukan di Korea Selatan.

Keinginan demi tampil menawan sangat diapresiasi di sana. Sebagaimana disebutkan oleh ABC News, satu dari lima wanita Korea Selatan dipastikan melakukan operasi plastik.

Tetapi, bagaimana dengan pria?

Nyatanya, pria Korea Selatan tak mau kalah dalam urusan bersolek. Sejak tahun 2011 sampai 2014, jumlah pria Korea Selatan yang melakukan operasi plastik terus meningkat. Dalam persentasenya, dilansir Seoul Touch Up, dari 100 persen total (semua gender) operasi plastik di Korea Selatan, hampir 30 persennya dilakukan oleh pria.

Jumlah tersebut sangat banyak, dibandingkan dengan operasi plastik yang dilakukan pria di negara lain. Lebih dari soal ketampanan semata, operasi plastik telah menjadi aset vital untuk menunjang karir para pria di Korea Selatan.

Para idol punya pengaruh besar dalam hal ini. Seperti disampaikan dalam sebuah video pendek dari BBC International, musisi pop Korea dan artis drama televisi telah menuntun anak-anak muda di sana pada standar paras publik. Dagu yang lancip, bibir nan imut, serta tatapan mata tipis yang tajam, rasanya memang wajar banyak wanita jatuh hati pada wajah oppa. Tak seperti kecantikan wanita Korea Selatan yang 'seragam', raut pesona oppa lebih beragam.

Mereka hampir sempurna, bisa gagah dan imut sekaligus. Belum lagi potongan rambut mereka, yang senantiasa ditata selalu berpola.

Sementara itu, di Korea Selatan, kosmetik pria juga sama lakunya seperti operasi plastik. Penjualan kosmetik pria di sana telah meningkat 86 persen dalam lima tahun terakhir.

Berdasarkan penelitian firma Euromonitor, rata-rata pria Korea Selatan menghabiskan Rp 528 ribu per tahun untuk merias wajah. Ini belum termasuk biaya non-kosmetik untuk parfum, deodoran, dan lainnya.

Bagi mereka, ketampanan bukan lagi warisan dari fisik orangtua, tapi bisa diperjuangkan meski harus keluar biaya.


Related

Male 3931342689339225947

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item