Kisah Tragis di Balik Pencurian Biola Stradivarius

 Kisah Tragis di Balik Pencurian Biola Stradivarius

Naviri.Org - Antonio Stradivari adalah pembuat biola dari Cremona yang tersohor sepanjang masa. Popularitasnya sebagai pembuat biola seperti tidak ada yang mampu menandingi. Pasalnya, biola karya Antonio Stradivari dibuat secara khusus, dan jumlahnya juga tidak banyak. Karenanya, biola-biola itu menjadi sangat spesial, dan saat ini harganya luar biasa mahal. Biola-biola karyanya, kini dikenal dengan nama biola Stradivarius.

Karena popularitas, keindahan, dan kelangkaannya, biola Stradivarius menjadi koleksi yang sangat mahal bagi yang memilikinya. Bebeapa kolektor atau orang-orang tertentu bahkan bersedia membeli biola Stradivarius dengan harga miliaran, dan harga itu terus menanjak naik seiring berjalannya waktu.

Terkait biola Stradivarius, ada kisah yang menarik menyangkut seorang musisi bernama Min Kym. Ia membeli biola Stradivarius dalam kondisi rusak dengan harga sangat mahal, dan harus menggadaikan rumahnya demi bisa memiliki biola tersebut. Namun, belakangan, biola yang telah membantu karier Min Kym itu hilang dicuri, dan karier Min Kym seperti runtuh.

Min Kym adalah pemusik unik yang pada umur 7 tahun menjadi pemain biola pertama yang diterima di Sekolah Musik Purcell yang terkenal di London. Empat tahun setelah itu, ia memenangkan penghargaan prestisius, yaitu Kompetisi Internasional Mozart. Kym berada di jalur yang benar untuk menjadi salah satu solois klasik terbaik sepanjang masa. Yang ia butuhkan hanyalah biola yang tepat.

Setelah mencari bertahun-tahun, pada usia 21 tahun Kym secara tak terduga dihadapkan pada sebuah biola yang dijual. Buatan 1696, biola itu membutuhkan perbaikan besar yang bisa memakan ongkos sekitar Rp80 juta per tahun.

Namun Kym saat itu sadar, dia tidak punya pilihan lain kecuali memiliki biola itu. Dan akhirnya, Kym memang menemukan 'kekasih jiwa' seumur hidupnya.

"Saya menyadari itu segera setelah hembusan nafas pertama," tulis Kym dalam memoarnya yang mendalam, berjudul Gone: A Life Unstrung. "Seolah-olah 300 tahun lalu Stradivarius menyentuhkan tangannya di atas balok kayu, lalu membentuk biola ini khusus untuk saya. Perasaan itu seperti jatuh cinta pada pandangan pertama."

Kym menggadaikan unit rumah susun miliknya untuk membeli biola itu seharga $580ribu atau sekitar Rp7,7 miliar. Meski nominal itu terdengar begitu tinggi, faktanya angka itu terhitung murah untuk biola buatan Stradivarius.

Biola tersebut sesungguhnya harus ditebus setidaknya dengan uang sebesar $1,5 juta atau sekitar Rp19 miliar. Alat musik itu sangat berharga sehingga nilai jualnya terus meningkat.

Kym tentu sangat beruntung. Satu dekade setelah itu, keyakinan Kym bahwa ia telah menuntaskan penantian seumur hidup untuk menemukan biola yang cocok akhirnya terbukti.

Karier yang dijalani Kym melonjak, dia tampil hampir di berbagai penjuru dunia dan meraih pujian secara global, serta mendapatkan kontrak pembuatan album dengan label rekaman papan atas.

Kym kala itu juga tengah merampungkan tahap akhir perilisan album yang berisi gubahan Johannes Brahms, berjudul Violin Concerto. Lebih dari seluruh pencapaian, setelah membeli biola itu, Kym merasa telah menemukan jiwanya.

Namun, kemudian, sebuah tragedi menimpa. Pada suatu petang yang dilanda hujan di bulan November, biola Stradivarius miliknya digondol pencuri ulung di restoran Pret a Manger, di kawasan Stasiun Euston, London.

Kym menuturkan, kejadian itu seperti membuat waktu dan hidupnya berhenti. Kym lantas kerap dilarikan ke klinik depresi, dan dia hampir tidak bisa bangkit dari tempat tidurnya. Kym hampir tak bisa melakukan apapun. Dia tidak membuat karya musik apapun. Dia tidak tertarik memiliki biola lain, termasuk biola buatan Stradivarius lainnya.

Bagi sebagian besar dari kita, hal ini terdengar aneh bahkan absurd. Kym tidak hanya bermasalah dengan karier, tapi juga ketergantungannya terhadap sebalok kayu dan senar.

Secara berulang-ulang usai pencurian itu, Kym mendengar beragam ungkapan 'Anda akan mengatasi kehilangan itu'. Sebuah pemasok biola bahkan berusaha secara halus menawarkan solusi praktis kepada Kym, "biola Anda bukanlah satu-satunya biola di dunia."

Namun salah satu hal terkuat dalam memoar Kym yang unik dan menggugah adalah pemahamannya terhadap hubungan personal antara musikus klasik dengan instrumen. Tidak sedikit instrumen milik musikus klasik yang tetap awet hingga berabad-abad, berusia lebih lama dan membawa gema pengampunya, serta menyimpan rahasia masa lalu.

Kym menunjukkan pola hubungan itu secara tepat, meski sisi misterius biola dari abad ke-17 itu menghalanginya menyadari ekspresi dan personalitas kekinian, selain yang pernah dimunculkan biola itu 300 tahun silam.

Secara singkat, bagi Kym, biola itu adalah segala-galanya. "Jika yang dicuri adalah anak saya, apakah publik berharap saya menerima kehadiran anak orang lain sebagai penggantinya?" tutur Kym.

Setiap biola ciptaan Stradivarius diberi julukan atau kode nama, berdasarkan pemilik sebelumnya, seperti 'Ole Bull', 'ex-Captain Saville' atau 'Gibson, ex-Huberman' yang saat ini dimiliki Joshua Bell.

Myn Kim menulis memoar tentang biola legendaris miliknya untuk memulihkan diri setelah kehilangan Strad yang menunjang karier musiknya. Sungguh memilukan, kini biola yang pernah dipunyai Kym mendapat julukan 'Euston Strad' alias biola Strad dari Stasiun Euston.

Dalam rangkaian peristiwa yang pantas untuk dikisahkan ulang, biola yang dicuri itu akhirnya ditemukan tiga tahun setelahnya, diiringi penjatuhan hukuman untuk sang pencuri. Namun dalam perputaran kisah yang dramatis dan tidak menyenangkan, Kym tetap tidak dapat memiliki kembali biola tersebut.

Bagi Kym, menulis memoar merupakan cara melupakan kisah pilu itu. Melalui kata-kata, Kym menemukan ulang kepribadian serta tujuan hidupnya. Kym bahkan telah menjajaki hubungan dengan biola baru, dan ia telah merekam satu album sebagai pendamping memoarnya.

Sekelompok orang yang mencuri biola Stradivarius itu mungkin telah merusak hidup Kym, namun Kym tidak membiarkan mereka mencuri semangatnya.

Baca juga: Sains Berusaha Mengungkap Misteri di Balik Lagu The Beatles

Related

World's Fact 406881187821935357

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item