Lakukan Hal Sederhana Berikut Sebagai Cara Untuk Menghindari Keputihan

Lakukan Hal Sederhana Berikut Sebagai Cara Untuk Menghindari Keputihan

Keputihan merupakan hal yang dikeluhkan oleh kaum wanita, dimana keputihan ini secara garis besar dibagi menjadi dua bagian yakni keputihan yang wajar atau keputihan yang tidak wajar. Nah keputihan yang wajar ini biasanya terjadi pada wanita saat menjelang haid atau dikala ovulasi atau masa subur. Sedangkan keputihan yang tidak wajar ini biasanya terjadinya disertai dengan beberapa keluhan lain seperti bau yang tidak sedap, gatal, dan lain sebagainya. Nah untuk itu tentu wanita haruslah mengetahui beberapa cara cegah keputihan yang mungkin sederhana namun berdampak besar. Apasajakah itu? Simak berikut ini:

Bersihkan organ intim dengan cara yang tepat

Pada dasarnya menjaga kebersihan organ intim merupakan kunci utama dalam mencegah keputihan. Salah satu langkah tepat untuk membersihkan organ intim yakni dengan cara mencucinya pada area depan ke belakang. Cara ini merupakan cara penting yang mesti diterapkan setelah buang air besar. Nah apabila Anda melakukannya dengan terbaik, maka kemungkinan kotoran dari rektum akan masuk ke vagina yang mana ini akan menjadi penyebab keputihan. Hindari juga membersihkan vagina dengan menggunakan tissue karena akan menyebabkan kontaminasi bakteri pada bagian dalam vagina.

Hindari menggaruk area peradangan pada organ intim

Keputihan tidak normal biasanya membawa efek yaitu munculnya rasa gatal yang tidak nyaman. Nah perlu diketahui bahwasannya wanita yang sedang terkena keputihan cobalah untuk tidak menggaruk ataupun menggosok bagian ini. Sebab menggaruk ataupun menggosok bagian yang mengalami peradangan ini bisa saja mengakibatkan fakta keputihan tambah parah. Dan bahayanya lagi hal ini juga dapat meningkatkan resiko infeksi bakteri dan juga virus dari tangan secara langsung.

Sering berganti pembalut disaat menstruasi

Nah perlu diperhatikan, bahwasannya menjaga kebersihan organ intim di saat menstruasi merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan sebab saat Anda menstruasi akan ada banyak bakteri dan juga virus yang senang dengan kondisi vagina Anda. Untuk itu maka sering-seringlah mengganti pembalut sehingga resiko infeksi keputihan panjang pun dapat terhindarkan.

Oke demikian dulu ulasan mengenai cara cegah keputihan yang tidak normal, semoga bermanfaat.

Related

Female 3153882694369153213

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item