Nauru, Satu-satunya Negara yang Tidak Punya Ibu Kota

Nauru, Satu-satunya Negara yang Tidak Punya Ibu Kota

Naviri Magazine - Hanya memiliki luas wilayah total 21 kilometer persegi, Nauru menempati peringkat tiga sebagai negara terkecil di dunia. Negara ini terletak di Samudera Pasifik bagian selatan, persis di bawah garis khatulistiwa, dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Penduduknya hanya berjumlah sekitar 14.014 jiwa.

Di masa lalu, Nauru dikenal dengan nama Pleasant Island, dan merupakan koloni kekaisaran Jerman sejak akhir abad ke-19. Setelah Perang Dunia I, Nauru di bawah perwalian PBB, dan secara administratif dikelola oleh Australia, New Zealand, serta Inggris.

Pada Perang Dunia II, pulau kecil itu diduduki Jepang. Setelah perang berakhir, pulau itu kembali berada dalam perwalian PBB. Lalu pada 1968, Nauru mendeklarasikan diri sebagai negara mandiri berbentuk republik.

Yang unik dari Nauru adalah tidak adanya ibu kota resmi. Meski begitu, Yaren umumnya dianggap sebagai ibu kota negara secara de facto, karena sebagian besar kantor pemerintahan pusat terletak di distrik tersebut. PBB menggolongkan Yaren sebagai “distrik utama”.

Baca juga: Monaco, Negara Kecil dengan Keindahan Memukau

Related

World's Fact 238224659100015332

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item