Penemuan Kapal Harta Karun Paling Berharga Dalam Sejarah

Penemuan Kapal Harta Karun Paling Berharga Dalam Sejarah

Naviri Magazine - Harta karun bisa terpendam di dasar laut, dan kenyataan itulah yang terjadi perairan Kolombia. Pemerintah Kolombia mengumumkan berhasil menemukan bangkai kapal dagang Spanyol dari abad ke-17, di perairan Cartagena. Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, menyatakan kapal itu berisi ribuan koin emas, perhiasan, serta benda-benda berharga.

Perusahaan Sea Search Armada asal Amerika Serikat memperkirakan nilai kapal beserta seluruh isinya mencapai USD 3 miliar (setara Rp 41,3 triliun). Itu pun taksiran harganya sudah menurun tajam ketika harga perak sedang anjlok. Banyak peralatan di kapal itu, termasuk meriam, yang bersepuh perak.

"Ini adalah harta karun paling berharga dalam sejarah umat manusia," kata Presiden Santos seperti dilansir ABC Net.

Kapal jenis Galleon itu bernama San Jose, utusan resmi Raja Phillip V, yang melayani perdagangan Kerajaan Spanyol di rute Karibia dan Amerika Latin. Pada Juni 1708, kapal ini terlibat pertempuran dengan armada Kerajaan Inggris. San Jose kalah, sehingga akhirnya karam.

Presiden Santos mengatakan, Kolombia akan merawat harta karun tersebut, meletakkannya ke sebuah museum. Namun, bangkai kapal San Jose rupanya menjadi rebutan.

SSA dan Pemerintah Kolombia ternyata tidak akur soal siapa yang berhak. SSA merasa, merekalah yang berjuang mencari lokasi San Jose sejak 1980-an. Tapi keputusan pengadilan empat tahun lalu mengatakan keberadaan kapal itu sepenuhnya milik Kolombia.

Belakangan, ketika kabar penemuan bangkai kapal penuh harta itu merebak, di Twitter beredar tanda pagar #GaleonSanJose. Para pengguna Twitter di Kolombia berdebat, apakah negara mereka berhak atas kapal itu. Sebab San Jose sebetulnya milik Spanyol, sehingga harta karun ini wajib dikembalikan ke negara asalnya.

Laut Karibia diperkirakan memiliki bangkai kapal terpadat di dunia. Ada lebih dari seribu kapal karam, diperkirakan 10 adalah kapal kargo yang memuat harta karun nyaris tak ternilai, seperti San Jose.

Baca juga: Penemuan Kapal dengan Harta Karun Terbesar di Dunia

Related

World's Fact 6916451957397794333

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item